Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Serpong-Balaraja Dukung Pengembangan Wilayah Barat Jakarta

Jalan bebas hambatan ini menghubungkan wilayah Barat Jakarta, tepatnya Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

Tol ini merupakan sambungan dari ruas Tol Ulujami-Serpong yang dirancang untuk mempersingkat waktu tempuh dari Serpong (BSD) menuju Jakarta dan Merak.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran Jalan Tol Serpong-Balaraja, dapat meningkatkan konektivitas menuju wilayah Jakarta, Merak dan Lampung karena terhubung dengan Balaraja sebagai akses masuk ke Tol Tangerang–Merak.

"Dengan meningkatnya konektivitas, kawasan industri yang terkonsentrasi di Tangerang hingga Serang dan Cilegon dapat terlayani kebutuhan logistiknya," kata Basuki seperti dikutip Kompas.com, Jumat (9/10/2020).

Selain itu, Jalan Tol Serpong-Balaraja juga akan mendukung pengembangan wilayah di sisi Barat Jakarta, salah satunya Kota Baru Maja bahkan hingga Lebak.

Jalan tol Serpong-Balaraja direncanakan memiliki 8 Simpang Susun (SS) yang bisa menjadi akses baru dari Serpong hingga Balaraja yakni SS CBD, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa.

Pembangunannya terdiri dari tiga seksi yakni Seksi I (BSD–Legok) sejauh 11,3 kilometer, seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) 10,7 kilometer, dan seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) 17,8 kilometer.

Total investasi yang dibenamkan sebesar Rp 6,04 triliun dan biaya konstruksi sekitar Rp 2,70 triliun.

Skema pembiayaan pembangunan tol ini merupakan salah satu contoh yang diinisiasi oleh swasta untuk mendukung program Pemerintah dalam pengembangan jaringan jalan bebas hambatan.

Saat ini telah dimulai pembangunan oleh kontraktor PT Trans Bumi Serbaraja untuk Seksi 1A sepanjang 5,2 kilometer yang terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan target selesai September 2021.

Tercatat hingga akhir September 2020, progres konstruksi paket 2 sepanjang 0,95 kilometer mencapai 37 persen, sisanya paket 1 (2,30 kilometer) dan paket 3 (1,90 kilometer) dalam tahap penyelesaian pembebasan lahan.

https://properti.kompas.com/read/2020/10/09/070000121/tol-serpong-balaraja-dukung-pengembangan-wilayah-barat-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke