Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gratis Dua Minggu Lintasi Tol Manado-Bitung

Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni menyampaikan dengan dibukanya jalan tol pada Rabu (30/9/2020), seluruh masyarakat dapat menggunakan jalan tol, yang dapat mempersingkat waktu tempuh.

Dengan kehadiran tol ini, jarak tempuh dari Manado ke Bitung yang biasanya memerlukan waktu perjalanan 1,5 jam hingga 2 jam, kini dapat ditempuh sekitar 30 menit.

"Selain mempercepat waktu, juga dapat meningkatkan perekonomian, membawa dampak ekonomi bagi masyarakat dan juga konektivitasnya lebih lancar. Jalan tol ini bisa dimanfaatkan juga untuk bidang-bidang lain,” ujar Agus.

Dia mengingatkan agar masyarakat memperhatikan unsur keselamatan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya saat berkendara di jalan tol.

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George IMP Manurung menambahkan, untuk pengoperasian tahap pertama, akan dioperasikan ruas dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20 kilometer.

“Untuk Manado hingga Danowudu, kami akan mengoperasikan pada hari Sabtu (3/10/2020), pukul 09.00 WITA pagi,” cetus George.

Jalan tol ini dioperasikan tanpa tarif untuk sementara waktu sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

Meski demikian, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol.

Selain itu, karena Jalan Tol Manado-Bitung beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak), pengguna jalan wajib menggunakan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

“Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit)," imbuh George.

Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan.

Sedangkan di gardu keluar pengguna jalan diharuskan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima.

https://properti.kompas.com/read/2020/09/30/172451721/gratis-dua-minggu-lintasi-tol-manado-bitung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke