Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mengorganisasi Ruang Kerja ala Marie Kondo

Ini karena seluruh setiap orang harus menyesuaikan diri bekerja di ruang terbatas, serta berbagi ruang dengan anggota lainnya.

Dalam bukunya, Joy at Work: Organizing Your Professional Life, Pakar berbenah asal Jepang, Marie Kondo, bersama dengan rekan penulisnya, Scott Sonenshein memberikan strategi untuk menciptakan ruang kerja produktif.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendefinisikan ruang kerja. Anda bisa mulai bertanya pada diri sendiri, ruang kerja seperti apa yang diinginkan?

"Visualisasikan tujuan Anda secara keseluruhan, bayangkan bagaimana Anda ingin memulai hari Anda saat bekerja dari rumah. Saya rasa pertanyaan itu masih berlaku, bahkan saat Anda tidak di kantor," kata Marie seperti dikutip dari Apartment Therapy.

Lalu Anda bisa memilih area kerja yang diinginkan. Namun untuk menciptakan ruang kerja yang ideal, pastikan ruangan tersebut memberikan pandangan atau arah duduk yang bisa memberikan ketenangan serta membuat Anda lebih fokus.

Marie mengatakan, Anda perlu mengorganisasi barang-barang di dalam rumah. Selain memilih benda yang ingin dipertahankan, dia juga menekankan pentingnya melepaskan barang yang memang tidak layak untuk disimpan.

Sebaiknya jaga meja agar selalu bersih dan tidak banyak barang yang tercecer. Menurutnya, lebih sedikit barang lebih baik.

Cara menyimpan item juga dapat memicu kegembiraan. Misalnya, Anda bisa mengorganisasi laci atau isi lemari sedemikian rupa.

Meski begitu, bukan berarti meja harus benar-benar kosong. Jika Anda merasa lebih mudah jika menyimpan tempat pena di atas meja daripada di laci, maka di sanalah Anda harus menyimpannya.

Apabila Anda tidak memiliki tempat khusus untuk menyimpan barang, buat kotak kecil dari benda di sekitar sebagai tempat penyimpanan. Dia menyarankan untuk mendaur ulang kotak kartu nama, atau kotak smartphone lama.

Simpan semua alat yang digunakan untuk bekerja dalam sebuah wadah. Lalu keluarkan alat-alat tersebut hanya saat Anda sedang bekerja.

"Akumulasi dari hal-hal kecil ini benar-benar dapat membuat perbedaan besar," kata Marie seperti dikutip dari laman Time.

Langkah selanjutnya adalah Hafalkan di mana semua benda ditempatkan atau disimpan untuk meningkatkan produktivitas. Jangan lupa untuk memisahkan barang yang berhubungan dengan pekerjaan dari benda pribadi.

"Setelah Anda tahu di mana semua yang ada di ruang kerja disimpan, Anda dapat melacak barang-barang. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjaga kerapian ruangan. Dengan mempelajari cara yang tepat untuk merapikan, siapa pun dapat memiliki ruang kerja yang menyenangkan," kata dia.

https://properti.kompas.com/read/2020/09/02/081544121/tips-mengorganisasi-ruang-kerja-ala-marie-kondo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke