Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Genjot PAD, Pasar Jatigede Bakal Dikembangkan Jadi Penunjang Pariwisata

Kepala Bagian Pengelolaan Barang Daerah Setda Kabupaten Sumedang Asep D Darmawan mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Puluhan aset ini terdiri dari pasar yang telah selesai dibangun namun belum beroperasional, gudang, gedung, hingga lahan yang sudah dibebaskan tapi belum termanfaatkan.

"Kalau jumlah keseluruhannya mencapai puluhan bidang lahan dan bangunan. Maka dari itu, saat ini kami mulai menginventarisasi seluruh aset pemerintah daerah ini," ujar Asep.

Asep menuturkan, saat ini pihaknya fokus pada pengembangan aset yang berpotensi menambah pemasukan kas daerah melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam pengelolaan aset daerah saat ini ada kebijakan baru, bahwa aset tersebut tidak hanya harus berdayaguna tapi juga harus dimaksimalkan.

Contohnya, aset Pasar Wisata Jatigede yang telah selesai dibangun tahun 2010, dan Pasar Tolengas sekitar tahun 2000-an. Namun kedua pasar tersebut hingga saat ini masih telantar.

Selain itu, di wilayah Tomo yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan dekat dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, ada juga aset berupa bangunan gudang yang belum terpakai.

"Setelah kami inventarisasi, aset pasar wisata, pasar dan gudang di Tomo ini dapat dimaksimalkan untuk menambah PAD. Ke depan, aset-aset ini akan kami tata dan kembangkan," sebut Asep.

Khusus Pasar Jatigede, bila bisa segera dimaksimalkan, keberadaannya dapat mendongkrak sektor pariwisata Waduk Jatigede.

"Lokasi pasar ini sangat strategis karena ada di Jalan Lingkar Timur Jatigede, yang juga berbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Jadi bila sudah beroperasi tentunya akan jadi penunjang wisata sekaligus pusat ekonomi baru di wilayah Sumedang," tuntas Asep.

https://properti.kompas.com/read/2020/08/12/200949521/genjot-pad-pasar-jatigede-bakal-dikembangkan-jadi-penunjang-pariwisata

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke