Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semester I, Metland Cetak Pendapatan Rp 390 Miliar

Pendapatan tersebut berasal dari penjualan properti sebesar Rp 214 miliar, pendapatan berkelanjutan Rp 176 miliar, serta laba bersih Rp 88 miliar.

Pada periode yang sama, perusahaan juga membukukan total marketing sales sebesar Rp 540 miliar.

Adapun kinerja Perseroan sepanjang 2019, mencatatkan laba bersih sebesar Rp 487 miliar sepanjang 2019.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Metland Olivia Surodjo mengatakan, jumlah tersebut naik tipis sebesar 1,09 persen pada tahun 2019 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Hal ini dikarenakan kondisi industri properti yang masih tummbuh relatif stagnan," kata Olivia melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (6/8/2020).

Presiden Direktur Metland Thomas J. Angfendy menambahkan nilai aset perseroan pada tahun 2019, bertumbuh sebesar 17,59 persen, yaitu mencapai Rp 6,1 triliun.

Sedangkan peningkatan ekuitas perseroan sebesar 11,95 persen menjadi Rp 3,85 triliun di tahun 2019.

Sementara total nilai pendapatan perusahaan selama tahun 2019 sebesar Rp 1,4 triliun. Capaian ini meningkat sebesar 1,81 persen dibandingkan dengan pendapatan pada tahun 2018 sebesar Rp 1,38 triliun.

Thomas mengatakan, peningkatan pendapatan disebabkan oleh peningkatan penjualan properti sebesar Rp 881 miliar atau mengalami kenaikan 1,43 persen dibandingkan Rp 868 miliar.

Adapun penjualan terbesar berasal dari proyek The Riviera At Puri, Metland Cibitung, dan Metland Cileungsi.

Semua proyek perusahaan memberikan kontribusi sebesar 63 persen dari usaha penjualan properti residensial dan properti strata title.

Lalu kontribusi sebesar 26 pesen diperoleh dari pendapatan sewa pusat perbelanjaan.

Sementara kontribusi sebesar 8 persen dan 3 persen masing-masing didapatkan dari pengoperasian hotel serta pusat rekreasi, perkantoran, dan pendapatan lain-lain.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), perseroan merombak komposisi Dewan Komisaris dikarenakan pengunduran diri Aldo Brasali dari jabatan Komisaris serta wafatnya Presiden Komisaris Dr Ir Ciputra.

RUPST telah menyetujui pengangkatan Junita Ciputra sebagai Presiden Komisaris PT Metropolitan Land Tbk dan Iwan Brasali sebagai Komisaris Metland.

Proyek Metland

Sepanjang tahun 2019, perseroan mengembangkan beberapa proyek yang mencakup proyek residensial seperti peluncuran rumah tapak Wisteria fase 1 yang merupakan bagian dari kerjasama operasi dengan Keppel Land Ltd.

Kemudian pengembangan Wisteria yang merupakan proyek kerjasama Metland dengan Keppel Land yang kedua setelah The Riviera at Puri.

Selain itu, Metland Puri meluncurkan Cluster Clematis pada akhir tahun yang mendapat respon pasar sangat baik.

Sedangkan untuk proyek strata, perusahaan telah menyelesaikan pembangunan Tower Aster-Kaliana Apartment di Metland Transyogi. Proses serah terima telah dilaksanakan sejak akhir tahun 2019.

Selanjutnya pada proyek komersial Metland melalui anak perusahaan PT Sumber Tata Lestari melaksanakan Peletakan Batu Pertama atau ground breaking Hotel Horison Ultima Kertajati yang berlokasi di jalan Kadipaten Jatibarang, Majalengka.

Hotel berbintang empat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akomodasi penumpang pesawat udara serta masyarakat lain yang beraktifitas di bandara.

Lalu pada Agustus 2019, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Stasiun Kereta Api Metland Telaga Murni yang berlokasi di dalam kawasan perumahan Metland Cibitung.

Strategi tahun 2020

Saat ini Metland sedang menjalankan program New Normal New Home yang memberikan kemudahan diskon hingga Rp 500 jutaan.

Harga tersebut sudah termasuk biaya BPHTB, KPR dan AJB hingga hadiah berupa kitchen set, air conditioner (AC), logam mulia dan voucher belanja.

Program ini diikuti oleh seluruh proyek residensial dan apartemen yang dikembangkan oleh perusahaan.

Produk yang bisa diperoleh dari program ini juga beragam mulai dari rumah ready stock, rumah indent, unit apartemen, kavling dan ruko.

https://properti.kompas.com/read/2020/08/06/210000421/semester-i-metland-cetak-pendapatan-rp-390-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke