Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bersiap Menyambut Fase "Survival"

Indikasinya jelas, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal kedua 2020 diperkirakan mencapai minus 4,3 persen, sebelumnya masih mencetak angka positif 2,97 persen pada kuartal pertama. 

Prediksi tersebut bahkan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu 15 Juli lalu saat rapat bersama kepala daerah membahas percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dengan audiens para pemimpin daerah se-Indonesia, menjadi jelas, Jokowi memerintahkan mereka untuk bersiap menghadapi gelombang besar resesi ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 ini.

Tentu, berita duka ini sudah dapat dirasakan beberapa waktu terakhir. Permintaan di sebagian besar sektor terlihat jelas menurun drastis. PHK terjadi dalam jumlah masif di mana-mana.

Bahkan, momen lebaran yang selama puluhan tahun menjadi pesta pora para produsen karena lonjakan permintaan masyarakat, tahun ini, untuk pertama kalinya, adem ayem.

Masyarakat kali ini lebih memilih memfokuskan dananya pada dua hal terpenting, pangan dan kesehatan. Tiada lainnya.

Kami di Daya Qarsa sudah memprediksi fase ini beberapa bulan silam. Analisis kami, jika pandemi terus berlanjut maka ada potensi pertumbuhan PDB Indonesia bisa menyentuh titik minus.

Dan pertumbuhan ekonomi negatif itu artinya, kita tengah memasuki fase survival. Pada fase ini, tidak kata lain, kata kuncinya adalah bertahan hidup.

Karena itu, pada fase survival, Daya Qarsa merekomendasikan perusahaan untuk berfokus hanya pada aspek-aspek bisnis yang menjadi prioritas atau krusial untuk keberlangsungan hidup bisnis.

Terdapat empat aspek yang harus menjadi perhatian para pemimpin bisnis, yakni optimalisasi biaya, manajemen pendapatan, manajemen sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur pendukung yang akan menopang ketiga aspek pertama.

Adapun sejumlah strategi turunan yang bisa ditempuh sebagai berikut. Pada elemen optimalisasi biaya, perusahaan dapat melakukan konsolidasi fungsi dan proses bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Misalnya konsolidasi sistem teknologi informasi (TI) dengan proses produksi terkait perangkat kunci dan manajemen inventori.

Kedua berorientasi terhadap permintaan pasar, melakukan sentralisasi strategi merchandising produk, serta meninjau ulang (negosiasi) sistem pembayaran ke supplier.

Pada aspek manajemen pendapatan, perusahaan dapat melakukan restrukturisasi unit bisnis (bila memungkinkan dapat digabung menjadi satu cluster) serta kolaborasi antar unit bisnis, melakukan divestasi dan reinvestment (merger) unit bisnis yang tidak memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Kemudian melakukan komersialisasi aset-aset perusahaan serta mempromosikan produk yang tidak memiliki potensi nilai tambah untuk mengatasi kendala masa simpan produk.

Sementara pada aspek manajemen SDM perusahaan dapat merestrukturisasi struktur organisasi yang lebih produktif dan efisien, melalukan retensi talented people untuk mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan serta meningkatkan kapasitas karyawan agar memiliki multi skill demi mendukung proses bisnis perusahaan.

Pada aspek infrastruktur pendukung yang akan menopang keseluruhan proses bisnis, perubahan harus dilakukan dengan melakukan penguatan kualitas pelayanan untuk mempertahankan brand image di mata pelanggan yang loyal.

Lalu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis daring demi mendukung kegiatan operasional seperti penjualan dan pengiriman barang.

Terakhir perusahaan dapat memanfaatkan paket stimulus ekonomi yang diberikan pemerintah dengan cara memberikan insentif gratis pungutan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, 22 dan 25 kepada sektor industri tertentu untuk mendukung biaya operasional perusahaan di masa krisis.

Memang, berbagai elemen rekomendasi praktik manajemen di atas terlihat mudah dibaca. Namun pemimpin bisnis yang sudah teruji paham, bahwa seni manajemen terletak pada aspek implementasi di lapangan.

Mereka yang paling cepat dan sigap merespon perubahan dengan perencanaan yang tepat dan terukur serta disiplin dan konsistensi yang tinggi, akan mampu beradaptasi dan menjadi survivor dari krisis akibat pandemi Covid-19 ini.

Selamat berjuang!

https://properti.kompas.com/read/2020/07/23/080003821/bersiap-menyambut-fase-survival

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke