Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Petrokimia Gresik Sulap SOR Tri Dharma Jadi Ruang Isolasi Darurat

Gedung yang kerap digunakan sebagai venue Proliga ini, diubah untuk sementara waktu menjadi ruangan-ruangan bersekat dengan ukuran sekitar 4x4 meter persegi.

"Dalam rangka antisipasi itu. Apalagi jumlah karyawan kami cukup banyak, belum lagi dari anak perusahaan," ujar Sekretaris Perusahaan PT Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono kepada awak media di lokasi, Kamis (9/7/2020).

Gedung tersebut disekat menjadi 40 kamar yang masing-masing berisi dua tempat tidur, sehingga dapat menampung 80 pasien.

"Untuk bed dan alat-alat pendukung lain sudah kami pesan, tinggal dikirim. Begitu pula dengan tenaga kesehatan yang akan merawat pasien," ucap dia.

Antisipasi ini dilakukan, lantaran rumah sakit rujukan yang ada di Kabupaten Gresik sudah menunjukkan tanda-tanda melebihi kapasitas.

Termasuk, Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) milik perusahaan.

Untuk memodifikasi sarana ini, PG mengalokasikan dana sekitar Rp 1 miliar. Termasuk, pengadaan tempat tidur dan alat kesehatan penunjang.

Sementara tenaga kesehatan, seperti perawat, dokter, dan dokter spesialis akan diambil dari hasil seleksi yang dilakukan perusahaan.

Salah satunya Novian, perawat asal Lamongan. Ia mengaku, sudah siap dan mengetahui risiko yang dihadapi bila diterima bekerja merawat pasien positif Covid-19 di ruang isolasi darurat di SOR Tri Dharma.

"Kemarin sudah kerja tapi resign, terus coba melamar di sini. Kalau memang diterima, saya sudah siap, tidak masalah," tutur Novian.

"Saya sudah tahu risikonya, dan kemarin juga sudah banyak belajar mengenai cara merawat pasien Covid-19. Termasuk safety untuk diri saya sendiri," kata dia.

Sebelumnya, langkah serupa juga sedang dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik, yang tengah menyiapkan Stadion Gelora Joko Samudro sebagai ruang isolasi pasien Covid-19.

https://properti.kompas.com/read/2020/07/09/222826721/petrokimia-gresik-sulap-sor-tri-dharma-jadi-ruang-isolasi-darurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke