Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Hari Ini Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka Fungsional

JAKARTA, KOMPAS.com – Seminggu jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, PT Hutama Karya (Persero) mulai membuka Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) Seksi 1 sepanjang 9,2 kilometer dari Pekanbaru sampai Minas, secara fungsional hingga 1 Juni 2020 mendatang.

Ruas Tol Permai ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang seluruhnya lima belas ruas.

Secara umum, Hutama Karya memastikan Tol Permai dan ruas lainnya kondusif di tengah larangan mudik yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. 

Hutama Karya mendukungnya dengan sejumlah persiapan mulai dari check point, posko jalur Lebaran, penyekatan di beberapa ruas tol, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat, pengemudi dan kendaraan juga harus diperiksa di setiap pos check point.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro mengatakan, hanya pengendara yang memiki KTP dan plat kendaraan sesuai provinsi, menggunakan masker, dan bersuhu tubuh normal yang boleh melintas.

Jika memenuhi kriteria yang ditetapkan melalui Permenhub No. 25 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H, baru kendaraan tersebut diperbolehkan melintas.

"Apabila tidak, kendaraan tersebut akan kami putar balikkan dan tidak diizinkan melintas di ruas-ruas tol tersebut," ucap Aries dalam siaran resmi yang diterima Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Kemudian, untuk Bus yang tidak memiliki stiker Dinas Perhubungan (Dishub) sebagai angkutan aman Covid-19 akan ditahan dan penumpangnya akan dikembalikan ke daerah asal.

Terpantau volume kendaraan yang melintas di JTTS mencapai 633.145 unit. Meskipun begitu, belum terlihat adanya peningkatan volume kendaraan.

Di sepanjang ruas JTTS juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti 193 kendaraan siaga (Ambulance, Mobil Derek dan PJR), 62unit VMS dan 208 titik Gardu Tol Otomatis.

"Khusus untuk di rest area, kami tidak mengizinkan penjulan makanan atau minuman, namun untuk berbagai fasilitas seperti SPBU, Musholla, Toilet akan tetap dibuka seperti biasa,” ujar Aries.

Lokasi Check Point

Check point dan penyekatan berada di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Medan-Binjai (Mebi) Seksi 2&3, ruas Palembang-Indralaya (Palindra), dan Permai Seksi 1.

Kemudian, di ruas Tol Bakter, check point dan posko jalur Lebaran juga tersebar di 6 titik yaitu di Rest Area KM 20B & 49A, Rest Area 87 A&B, dan KM 116 A&B.

Sementara di ruas tol Terpeka terletak di Gerbang Tol (GT) Gunung Batin, GT Menggala, GT Lambu Kibang, GT Way Kenanga, GT Simpang Pematang, GT Kayu Agung, dan ada satu Posko tambahan di Rest Area 215.

Di sisi lain, untuk tetap mengikuti regulasi dari pemerintah, Hutama Karya juga telah menghentikan sementara fasilitas top-up tunai, serta melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan tongkat tol secara gratis di sejumlah ruas tol-nya.

Hutama Karya mengimbau seluruh pengendara untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, menggunakan masker serta tidak melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran Covid-19.

https://properti.kompas.com/read/2020/05/18/212101321/mulai-hari-ini-tol-pekanbaru-dumai-dibuka-fungsional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke