Salin Artikel

Jenuh Selama WFH? Ini Kiat Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Selama itu pula, masyarakat melakukan pembatasan terhadap aktivitas yang melibatkan banyak orang.

Bagi beberapa orang, bekerja dari rumah sulit dilakukan, apalagi jika ruangan yang digunakan tidak mendukung rutinitas kerja.

Hasilnya, beberapa masalah sering kali terjadi. Bekerja tanpa menggunakan meja yang sesuai misalnya, membuat badan menjadi mudah pegal.

Tak hanya itu, bekerja di tempat yang tidak sesuai juga bisa membuat seseorang merasa jenuh dan tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Hal ini tentu bisa memengaruhi kinerja dan semangat bekerja. 

Bagaimanapun, ruangan tempat kerja semestinya membuat Anda nyaman. Terlebih banyak orang juga merasa tidak fokus ketika bekerja dari rumah.

Jika Anda merasakan hal-hal tersebut selama bekerja dari rumah, ini kiat menciptakan tempat kerja yang membuat Anda lebih fokus dan membuat pikiran tetap jernih, seperti dilansir dari laman Forbes.

1. Pastikan sirkulasi udara berjalan baik

Banyak orang menghindari semua kontak dengan dunia luar selama pandemi ini berlangsung, termasuk menutup rapat semua jendela di rumah.

Namun, penelitian yang diterbitkan oleh Profesor Harvard Joseph Allen yang dipresentasikan dalam webina bersama dengan Urban Land Institute pada 31 Maret lalu menyatakan, membuka jendela dapat membuat kontamnan di udara berkurang.

Anda bisa membuka jendela dan membiarkan udara keluar masuk ruangan.

Tanaman bisa membuat ruang kerja Anda terlihat lebih menyenangkan. Penelitian menunjukkan, berinteraksi dengan alam baik dengan menambahkan cahaya alami atau tanaman, mengurangi stres dan kecemasan.

Namun jika Anda tidak memiliki ruang untuk tanaman, gunakan warna-warna alam seperti hijau, merah, atau coklat. Tempatkan benda atau barang dengan unsur warna tersebut.

Terkadang, melihat warna-warna alam dapat membantu Anda merasa lebih dekat dengan dunia luar.

3. Memilih tempat yang jauh dari pusat gangguan

Jika Anda mudah terganggu dengan suara berisik, pilih tempat yang jauh dari ruangan televisi. Anda juga bisa memilih lokasi kerja yang jauh dari lemari es atau penyimpanan makanan, jika memang mudah terganggu dengan banyaknya camilan.

Desainer dan Pendiri Interior Marketing Group Cheryl Eisen mengatakan, pemilihan cahaya yang tepat juga menunjang produktivitas dalam bekerja, khususnya bagi mereka yang menatap layar sepanjang hari.

Menurutnya, cara itu menciptakan cahaya yang lebih bersih, nyaman tanpa silau, dan hemat energi.

"Hilangkan semua barang yang tidak Anda butuhkan untuk menciptakan ruang yang terasa lebih bersih dan teratur," kata Eisen.

4. Ruang kerja terorganisasi

Eisen menambahkan, ruang keja yang terorganisasi sangat penting terutama jika Anda membutuhkan kreatiivitas dalam bekerja. Hal ini membantu otak untuk melahirkan ide-ide kreatif.

"Cara ini membantu menjaga pikiran Anda jernih dan memungkinkan imajinasi mengalir dengan bebas," tutur dia.

https://properti.kompas.com/read/2020/04/01/093000121/jenuh-selama-wfh-ini-kiat-ciptakan-ruang-kerja-nyaman-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.