Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

120 Jembatan Gantung Rampung Dibangun, Terbanyak di Jawa Barat

Pelaksanaan pembangunannya menggunakan dana anggaran tahun 2019.

Dari total jumlah jembatan tersebut, terbanyak ada di Jawa Barat dengan jumlah 28 unit, 16 unit di Jawa Timur, dan 9 di Jawa Tengah. Adapun daftar jembatan di provinsi lain sebagai berikut:

Pada tahun 2020, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah menganggarkan Rp 710 miliar untuk membangun sebanyak 148 unit jembatan gantung.

"Hadirnya jembatan ini akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan, dan akses silaturahmi," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Jembatan tersebut dibangun dengan material rangka baja serta beton sepanjang 72 meter dan lebar 1,6 meter. Infrastruktur ini menghubungkan Kampung Kaye menuju Ibu Kota Kabupaten Asmat, Agats.

Adapun anggaran yang dikeluarkkan sebesar Rp 89,1 miliar. Pembangunan jembatan sendiri dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang melibatkan pekerja dari sejumlah kampung di antaranya Kaye, Syuru, dan Aswet.

Pembangunannya juga mempertimbangkan kondisi wilayah, sosial, ekonomi, potensi wilayah, serta kesesuaian lokasi, manafaat, dan urgensi pembangunan jembatan.

Urgensi pembangunan juga dilihat pada kondisi serta akses kondisi jalan akses memungkinkan untuk memobilisasi rangka jembatan, menghubungkan minimal dua desa, dan akses memutar apabila tidak ada jembatan cukup jauh atau minimal 5 kilometer.

https://properti.kompas.com/read/2020/03/20/153326921/120-jembatan-gantung-rampung-dibangun-terbanyak-di-jawa-barat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke