Salin Artikel

Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Siap Memakamkan Jenazah Korban Corona

Direktur Utama Al Azhar Memorial Garden Nugroho Adiwiwoho menyatakan kesiapannya kepada Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

"Insya Allah. Karena memakamkan jenazah hukumnya fardu kifayah, jadi harus ada yang melaksanakan tugas itu," tutur Nugroho.

Terkait mekanisme pemakaman, lanjut Nugroho, pengurus yayasan dan pengelola pemakaman akan tetap mengacu pada ketentuan syariah.

Tak hanya itu, rujukan ketentuan medis pun akan diikuti secara ketat, terutama bagaimana meningkatkan keamanan kelengkapan petugas pemakaman di lapangan dan keluarga yang hadir pada saat pemakaman.

Saat ini, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar tengah mengupayakan kerja sama dengan pakar dan konsultan kesehatan masyarakat, tenaga medis, atau pun rumah-rumah sakit yang menjadi rujukan Pemerintah.

"Insya Allah, ini akan berjalan lancar," imbuh Nugroho.

Kendati jenazah yang dimakamkan merupakan eks pengidap Covid-19, namun Nugroho menjamin harga kavling makam tidak akan dinaikkan.

Harga sesuai dengan patokan yang ditetapkan pengelola yang terdapat pada laman resmi Al Azhar Memorial Garden.

Sementara untuk kavling Double dipatok seharga Rp 118 juta dengan dimensi 3,5x3,9 meter berkapasitas dua jenazah.

Adapun kavling Super Double didesain untuk 2 jenazah namun dengan ukuran lebih luas yakni 3,5x7,8 dengan harga Rp 235,4 juta.

Sedangkan ukuran terbesar tipe Super Family dengan daya tampung 8 jenazah. Tipe kavling ini seluas 8,0x96 meter dengan patokan harga Rp 827,8 juta.

Nugroho mengatakan, Al Alzhar Memorial Garden yang berlokasi di Karawang Timur ini, jauh dari kesan seram dan kumuh.

Laiknya perumahan elite, taman pemakaman ini dilengkapi dengan taman, gedung serbaguna, gazebo, dan fasilitas lainnya bagi peziarah.

Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dan PT Prima Nusantara Sukses Sejati mengembangkan taman pemakaman muslim seluas 25 hektar ini pada 2011 silam.

Kapasitas yang dirancang sebanyak 29.000 jenazah dengan konsep "makam dalam taman".

https://properti.kompas.com/read/2020/03/19/210627821/taman-pemakaman-muslim-al-azhar-siap-memakamkan-jenazah-korban-corona

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.