Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian PUPR dan UGM Gelar Kuliah KKN Perumahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta gelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik untuk Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

"Kementerian PUPR menginginkan adanya keterlibatan perguruan tinggi untuk ikut mengawal program perumahan untuk masyarakat," ucap Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Minggu, (7/3/2020).

Khalawi melanjutkan, pelaksanaan Kuliah KKN Tematik perumahan merupakan salah satu bentuk kerja sama yang disepakati Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR dan UGM.

Selain itu, ada juga program magang mahasiswa serta kerja sama dalam program penelitian dan pengembangan.

Kerja sama KKN Tematik untuk program tersebut sudah dimulai pada tahun lalu dengan pilot project yang dilaksanakan di wilayah Kedungsari, Pengasih, Kulonprogo.

Setidaknya ada 50 mahasiswa yang ikut membantu proses pembangunan rumah penerima manfaat program bedah rumah.

“Mahasiswa harus ikut berperan aktif dalam program prumahan. Dari Program BSPS ini mereka dapat ikut membantu masyarakat dalam mewujudkan rumah yang layak huni," tegas Khalawi.

Khalawi berharap, tahun ini UGM dapat mengikutsertakan sekitar 1.000 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan KKN Tematik bidang perumahan mulai April 2020 mendatang.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kerjasama UGM Sugeng Sapto Suryono mengatakan, UGM siap membantu Kementerian PUPR untuk mendampingi mahasiswa dalam program BSPS.

Adanya KKN Tematik akan lebih memberi manfaat bagi mahasiswa untuk belajar bagaimana membantu masyarakat kurang mampu untuk meningkatkan kualitas rumahnua.

"Kami siap menerjunkan mahasiswa akan untuk ikut serta dalam kegiatan pendampingan seperti melakukan verifikasi masyarakat kurang mampu yang layak mendapatkan bantuan bedah rumah dan mengoptimalkan bantuan stimulan yang diberikan," sambut Sugeng.

Sugeng melanjutkan, UGM juga siap membantu dalam pembuatan desain rumah layak huni yang akan dibangun.

Program Sejuta Rumah Kementerian PUPR memiliki berbagai macam sub-program seperti pembangunan rumah susun, rumah khusus bantuan prasarana sarana utilitas (PSU) perumahan dan penyaluran BSPS atau bedah rumah.

Dalam Program BSPS ini Kementerian PUPR menyalurkan bantuan berupa dana pembangunan Rp. 17,5 juta untuk peningkatan kualitas rumah dan Rp 35 juta untuk pembangunan rumah baru.

https://properti.kompas.com/read/2020/03/07/125719321/kementerian-pupr-dan-ugm-gelar-kuliah-kkn-perumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke