Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Bersihkan Lemari Dapur sampai Tuntas!

KOMPAS.com - Sebagian besar dari Anda hanya akan membersihkan bagian di dalam rumah yang biasanya sering menjadi pusat perhatian, misalnya lantai atau meja makan.

Sementara bagian lainnya justru Anda lupakan, contohnya lemari dapur. Padahal, sama seperti lainnya, lemari dapur juga harus mendapat perhatian.

Lemari dapur yang jarang atau bahkan tak pernah dibersihkan sama sekali dapat menyebabkan risiko kesehatan yang lebih tinggi karena sering terkena cipratan minyak, kotoran, maupun debu.

Untuk itu, Anda harus rajin membersihkan salah satu barang terpenting di dapur ini jika ingin menciptakan rumah yang sehat sekaligus nyaman. 

Melansir The Spruce, berikut ini tiga cara membersihkan lemari dapur.

1. Mulai dari bagian atas lemari

Saat Anda ingin membersihkan lemari, mulailah dari bagian paling atas lemari terlebih dahulu lalu lanjutkan sampai bawah.

Untuk membersihkannya, Anda hanya cukup menggunakan larutan sabun cuci piring yang bersifat cair serta air hangat.

Kemudian, masukkan kedua bahan tersebut menggunakan wadah lalu semprotkan pada bagian atas lemari dan gosoklah perlahan.

Jika noda pada lemari susah dihilangkan, Anda dapat menggosoknya lebih keras untuk menghilangkan noda membandel secara maksimal.

Sabun cuci piring berlaku dapat membersihkan sebagian besar jenis lemari termasuk yang terbuat dari logam, laminasi plastik, kayu, dan vinil.

2. Bilas lemari

Setelah noda-noda pada lemari sudah dibersihkan, Anda diharuskan untuk membilasnya sampai bersih menggunakan air hangat.

Setelah semuanya selesai, Anda bisa mengeringkan lemari menggunakan kipas angin atau sesuatu yang sifatnya dapat mengeringkan air.

Jika setelah Anda membersihkan lemari tanpa membilasnya, hal ini akan menyebabkan lemari menghitam karena masih ada cairan pembersih dari sabun cuci piring.

3. Bersihkan bagian besi pada lemari

Setelah membilas lemari, Anda juga perlu membersihkan beberapa hal yang menjadi bagian dari lemari, seperti pegangan lemari secara tuntas.

Caranya, gunakan sikat dan celupkan pada larutan cuka dan air hangat dengan perbandingan 50/50. Setelah itu gosoklah secara keras hingga dirasa sudah cukup bersih.

Sama seperti pada bagian lemari baik dari atas hingga bawah, bilaslah bagian tersebut hingga bersih karena jika tak dibersihkan akan membuat bagian besi jadi berkarat.

https://properti.kompas.com/read/2020/02/06/142800021/kiat-bersihkan-lemari-dapur-sampai-tuntas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke