Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Fakta Hebatnya China, Membangun RS Corona 8 Hari

Saat diterpa krisis kesehatan akibat merebaknya virus corona, negara Tirai Bambu ini justru terpacu melakukan hal terbaik.

Salah satu hal fenomenal yang telah mereka kerjakan adalah pembangunan rumah sakit khusus pasien corona Huoshenshan yang dibuka pada Senin (3/2/2020).

Satu rumah sakit khusus corona lainnya tengah dalam proses penyelesaian yakni Leishensan Hospital, dan beroperasi Rabu (5/2/2020) besok.

Dengan segala sumber daya yang dimiliki, baik dana, para perancang, profesional, pekerja lapangan, material maupun teknologi konstruksi, China bahkan beberapa langkah lebih maju ketimbang Amerika Serikat sekalipun.

Kemajuan China yang dianggap unggul dibanding Negeri Paman Sam, dapat dibaca pada tautan berikut ini.

Sekali Lagi, Rahasia China Bangun Rumah Sakit Corona Secepat Kilat

Kedua rumah sakit tersebut dirancang mengikuti model fasilitas kesehatan khusus pasien severe acute respiratory syndrome  (SARS) Xiaotangshan di Beijing, yang dibangun pada 2003 silam.

Rumah sakit khusus pasien SARS ini didesain dengan kapasitas 1.000 tempat tidur dan China sukses membangunnya dalam waktu hanya 7 hari.

Berikut fakta kehebatan China membangun Huoshenshan:

1. Proses perencanaan dan desain

Pemerintah China menunjuk Institut Desain CITIC Wuhan, sebuah lembaga desain arsitektur, untuk merancang rumah sakit Huoshenshan.

CITIC Wuhan mendesain rumah sakit pertama khusus pasien corona Huoshengshan pada 24 Januari, dengan meniru cetak biru rumah sakit Xiaotanghshan.

Mobilisasi peralatan berat, material konstruksi, para profesional setingkat manajerial, dan tenaga konstruksi lapangan dilakukan pada 25 Januari.

2. Lokasi Huoshenshan

Rumah sakit Huoshenshan terletak di pinggiran kota Wuhan, dekat kompleks liburan, Sanatorium Pekerja Wuhan, pinggiran barat Distrik Caidian.

Kompleks liburan dimaksudkan sebagai sarana hiburan bagi pekerja lokal. Kompleks ini dikelilingi taman dan Danau Zhiyin.

3. Melibatkan perusahaan raksasa China 

Tiga perusahaan konstruksi raksasa China terlibat dalam pembangunan rumah sakit ini. Mereka adalah Third Construction of China Construction Third Engineering Bureau, China State Construction Engineering, dan Wuhan Construction Engineering Group.

Selain ketiga kontraktor tersebut, raksasa lainnya yang melibatkan diri adalah Beijing GeoEnviron Engineering & Technology (BGE).

Perusahaan ini merupakan penyedia perbaikan lingkungan dan sistem pengolahan limbah. Mereka mengerjakan konstruksi anti-rembesan rumah sakit Huoshenshan.

Tak ketinggalan, Oriental Yuhong Waterproof Technology, penyedia sistem waterproofing, ikut membantu memastikan fasilitas medis ini tahan air dengan pasokan bahan-bahan konstruksi tercanggih.

4. Sumbangan perusahaan Amerika Serikat

Produk Bilden memfasilitasi konektivitas antar-berbagai perangkat termasuk komputer, monitor, kamera, dan telepon.

5. Proses konstruksi 8 hari

Masa konstruksi diselesaikan dalam waktu efektif 8 hari atau Minggu (2/2/2020), terhitung sejak groundbreaking pada 25 Januari.

Rumah sakit ini dibangun menggunakan modul prefabrikasi yang dirakit di pabrik material bangunan, sebelum tiba di lokasi pembangunan rumah sakit.

Material prefabrikasi digunakan untuk mengurangi biaya konstruksi, serta memangkas waktu penyelesaian.

Peralatan konstruksi termasuk 35 eksavator dan sepuluh buldoser digunakan meratakan tanah (land clearing) untuk mempersiapkan pembangunan.

Pembangunan fasilitas kesehatan ini melibatkan 700 personel manajerial dan 4.000 tenaga konstruksi yang bekerja siang malam 24 jam.

Proses konstruksi disiarkan secara langsung oleh televisi pemerintah China.

6. Menelan biaya 43,5 juta dollar AS

Menurut Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China (NDRC), rumah sakit ini menelan dana konstruksi sebesar 43,5 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 596 miliar.

7. Beroperasi Senin 3 Februari 2020

Setelah konstruksi fisik selesai dalam waktu 8 hari, rumah sakit ini mulai dioperasikan dan menerima apsien perdana pada Senin 3 Februari 2020.

8. Dilengkapi peralatan canggih dan robot medis

Termasuk instalasi untuk peralatan komunikasi,  dan mobilisasi peralatan kesehatan, serta obat-obatan.

Para dokter yang bertugas dapat berbicara dengan para ahli di luar rumah sakit melalui sistem video yang menghubungkan mereka dengan Rumah Sakit Umum PLA Beijing.

Sistem komunikasi canggih ini dipasang dalam waktu kurang dari 12 jam oleh "tim komando" yang beranggotakan 20 orang dari Wuhan Telecom Ltd.

Teknologi canggih yang digunakan tak hanya dalam sisi komunikasi, robot medis juga hadir di rumah sakit ini yang merupakan sumbangan dari sebuah perusahaan swasta China.

Robot medis ini bertugas mengirimkan obat-obatan dan membawa sampel uji ke laboratorium-laboratorium yang ditunjuk pemerintah.

9. Dikelola militer

Dalam operasionalisasinya, rumah sakit Huoshenshan dikelola oleh sayap militer Partai Komunis China, yakni Tentara Pembebasan Rakyat.

https://properti.kompas.com/read/2020/02/04/191822321/9-fakta-hebatnya-china-membangun-rs-corona-8-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke