Salin Artikel

Jangan Lakukan Kesalahan Saat Mengatur Furnitur di Rumah

Di lain sisi, menata furnitur juga harus sesuai dengan kondisi setiap ruangan, yang pastinya berbeda.

Agar perabot yang Anda tata sesuai dengan kondisis penghuni rumah, maka terapkan tips menghindari kesalahan umum dalam menata perabot, dan buat rumah Anda lebih menarik dan bergaya, seperti dilansir dari laman Reader's Digest.

1. Meletakkan perabot menempel pada dinding

Berikan furnitur Anda sedikit ruang bernafas dan jangan pernah mendorongnya ke dinding.

Menurut The Budget Decorator, memberikan sedikit ruang antara furnitur dan dinding malah membuat ruangan terlihat lebih besar.

2. Tidak ada kesempatan bercakap antar penghuni

Pemilik rumah terkadang mengatur furnitur terlalu jauh. Kursi dan sofa diletakkan berhadapan dan berasa di sisi ruang yang berbeda.

Jika ruangan rumah memiliki ukuran minimalis, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Tapi jika ukuran ruangan terlalu besar, maka penempatan tersebut membuat orang yang duduk harus mengeluarkan suara ekstra agar setiap obrolan dapat didengar oleh seluruh orang.

"jadi atur furnitur duduk Anda dengan cara yang menginspirasi kesempatan untuk mengobrol akrab dan akrab," kata Dan Interiors.

3. Tidak ada titik fokus

Biasanya seluruh perabot pada ruangan diletakkan sembarangan tanpa memperhatikan titik fokus ruangan. Hal ini akan membuat tampilan ruangan menjadi tidak menarik.

Tidak masalah apakah itu kamar tidur atau ruang tamu, setiap kamar harus memiliki titik fokus. Anda bisa menggunakan benda-benda tertentu seperti televisi atau lukisan berukuran besar.

4. Terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan

Jika Anda memiliki terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan maka hal ini bisa membuat tatanan terlihat sangat ramai.

Menggunakan lebih sedikit barang akan membuat ruangan terasa lebih luas. Alih-alih meja rias lebar, cobalah lemari rias lebih tinggi yang akan memberi ruang penyimpanan yang sama tetapi memakan lebih sedikit ruang.

6. Menggunakan karpet yang salah

Jika Anda ingin menggunakan karpet pada ruangan, pastikan memilih ukuran yang tepat. Tidak masalah jika beberapa sisi lantai di sekitar tepi karpet terekspos, tetapi pastikan beberapa furnitur tetap masuk ke dalam area karpet.

7. Tidak ada ruang berjalan

Kesalahan lain yang perlu dihindari adalah saat pemilik rumah meniadakan ruang untuk berjalan.

Furnitur-furnitur berukuran besar dapat menghalangi jalan penghuni rumah dari satu ruangan ke ruangan yang lain.

Maka, selalu pertimbangkan ruang untuk berjalan saat menata perabot. Pastikan setiap orang bisa berjalan melintasi ruang tanpa tersandung furnitur atau orang lain di ruangan itu.

8. Mengabaikan kepraktisan

Jika Anda senang mengangkat kaki atau makan sambil menonton televisi, pastikan Anda meletakkan furnitur yang memungkinkan Anda melakukannya.

Jika Anda menyelenggarakan pesta menonton pertandingan, pastikan orang memiliki tempat untuk menaruh minuman dan piring mereka. Pastikan setiap penghuni rumah merasa nyaman dengan kebiasaannya.

9. Jendela tertutupi

Ada kalanya ketika orang ingin memasukkan semua perabot ke dalam rumah malah mengesampibgkan keberadaan jendela.

Biasanya, agar furnitur bisa masuk, jendela yang ada di dalam ruangan terpaksa tertutupi oleh perabot.

Tetapi jika Anda menginginkan ruangan yang sehat, pastikan cahaya alami dapat masuk ke ruangan. Jangan sekali-kali menutup jendela hanya agar perabot kesayangan bisa masuk ke rumah.

Memblokir jendela di ruangan dengan furnitur malah membatasi jumlah cahaya, yang membuat ruangan terlihat kecil dan sempit

https://properti.kompas.com/read/2020/01/12/143130421/jangan-lakukan-kesalahan-saat-mengatur-furnitur-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.