Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

LAVA Desain 'LIFE' Berkonsep Bebas Karbon

JAKARTA, KOMPAS.com - Laboratory for Visionary Architecture (LAVA) telah berkolaborasi dengan Cityplot membangun secara kolektif, pertanian dan perkotaan demi kehidupan baru di kota Hamburg.

Menurut rencana, proyek perguruan tinggi ini akan dibuka di tahun 2023 mendatang. Mencakup bangunan berbentuk lingkaran tak terhingga yang terdiri dari tiga tingkat.

Kapasitasnya sebanyak 1.600 siswa serta menyatukan mereka pada latar belakang lanskap berkelanjutan dan menyatu baik di dalam maupun di luar.

LAVA membentuk 'LIFE' berdasarkan struktur pada konsep-konsep tipologi spasial futuris asal Amerika, David Thornburg, yang kemudian mempertimbangkan paradigma pendidikan pembelajaran.

Terinspirasi oleh lima elemen yang ditemukan di alam seperti, gelombang, sel, cabang dan sarang, tata letak, sistem struktural, langit-langit dan tanaman kemudian diekspresikan melalui balkon bergelombang, teras berliku, langit-langit dan tanaman hijau berbentuk sarang.

Di tengah bangunan berbentuk Agora, terdapat fasilitas-fasilitas inti seperti area makan dan olahraga.

Kedua hal tersebut terhubung melalui tangga yang luas, dua bagian bangunan, tersebar di berbagai tingkat yang memungkinkan penggunaan fleksibel dalam sistem tiga dimensi.

Para arsitek telah merancang kampus tiga lantai ini dengan struktur kayu yang menahan beban dan lapisan kaca yang terisolasi dan memungkinkan banyaknya masuk cahaya alami.

Sementara itu, atap bangunan menggunakan lapisan kaca yang tersembunyi.

Lanskap taman yang terus menerus mengalir dari luar ke dalam, dihubungkan pertama mulai Agora pusat dan kemudian dapat membuka teras sampai ke taman atap.

Hal ini menampilkan kebun-kebun herbal yang dapat dimakan serta menampilkan pemandangan dan ruang untuk pembelajaran di luar ruangan.

Bagian dari lanskap ini mencakup fasad penyerap karbon dioksida yang terdiri dari balkon tanaman hijau musiman.

https://properti.kompas.com/read/2019/11/16/080000721/lava-desain-life-berkonsep-bebas-karbon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke