Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Ulang Tahun ke-60, WIKA Gelar Foreng 10

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki penghujung tahun 2019 sekaligus menyambut hari ulang tahun ke-60, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menyelenggarakan Forum Engineering (Foreng 10) bertajuk, “Future Solution for Lifecycle Construction” di Telkom Landmark Tower (TLT), Jakarta untuk dua hari agenda yaitu tanggal 12-13 November 2019.

Agenda hari pertama Forum Engineering ke-sepuluh ini diisi dengan 6 diskusi panel yang mengakomodasi beberapa tema, antara lain: WIKA’s BIM Implementation, Project Lifecycle Going Digital, Technology System, BIM for Bridges, Vertical & Horizontal Construction, Collaboration in AEC Industry, dan Transactional Banking. Sementara pada hari esok, agenda workshop tentang A-Z BIM, yang mendominasi diskusi panel.

Acara pembukaan Building Information Modelling (BIM) terbesar di tanah air ini dihadiri oleh, Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ismunandar, serta Kepala bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan 1B Kementerian BUMN Fathurohman.

Selain itu, hadir juga 20 pembicara Internasional, civitas akademika dari 50 perguruan tinggi terbaik di tanah air, dan Board of Management Global Platform & Software Provider seperti Bentley, Google, Microsoft, Autodesk, Trimble, Allplan, Glodon TTW dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada WIKA serta pendukung acara lainnya atas diselenggarakannya seminar internasional, workshop, dan BIM Award.

Basuki juga menyampaikan pentingnya sinergi tiga pilar yaitu sektor pemerintah, industri, dan pendidikan dalam kaitannya dengan percepatan transformasi digital di Indonesia.

Menurut dia, dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah mendorong infrastruktur secara masif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah terobosan yang mampu mengintegrasikan seluruh sumber daya baik dari Pemerintah, Industri, Perguruan Tinggi dengan cara yang jauh lebih akurat, lebih cepat, dan lebih mudah.

"BIM inilah yang kemudian menjadi alat untuk menjembatani tujuan itu," terang Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana mengatakan, sebagai sebuah seperangkat teknologi, BIM dapat menghubungkan konsep perencanaan, perhitungan analisis desain, pemodelan dalam bentuk 3 dimensi, proses anggaran dan biaya, proyek terjadwal, sampai pelaksanaan pembangunan di lapangan.

“Dalam dua tahun terakhir, BIM WIKA berhasil mendapat pengakuan dari dunia internasional atas segala usaha, kinerja dan performa BIM yang luar biasa. Kami berhasil menjadi implementator BIM terbaik di dunia untuk kategori oing Digital Advancements in Bridges & Environmental Engineering,” tuntas Tumiyana.

https://properti.kompas.com/read/2019/11/12/215842421/sambut-ulang-tahun-ke-60-wika-gelar-foreng-10

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke