Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian ATR-Kementan Sepakat Perbaiki Data Lahan Baku Persawahan

Kesepakatan tersebut diambil setelah Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementerian ATR, Kamis (31/10/2019).

"Koordinasi yang kami lakukan ini untuk menyamakan data tentang lahan baku sawah yang beberapa waktu lalu ada perbedaan data yang dipublish BPS dengan perspektif Kementerian Pertanian," kata Sofyan dalam keterangan tertulis.

Sejauh ini, pemerintah telah melakukan verifikasi terhadap 20 provinsi yang menjadi penghasil beras utama atau lumbung padi nasional.

"Itu sudah diverifikasi dan sudah ada data yang disepakati bersama antara BPS, BIG, Kementerian Pertanian dan Kementerian ATR/BPN. Tapi karena masih hitung-hitungan akhir, mudah-mudahan tanggal 1 Desember 2019 bisa kita keluarkan angka finalnya atau data koreksi dari data yang sudah dipublish sebelumnya," ucapnya.

Sementara itu, Syahrul mengatakan, saat ini data yang digunakan pemerintah merupakan hasil dari citra satelit yang menggunakan resolusi yang sama. Sebelumnya, data sempat berbeda lantaran pencitraan satelit yang digunakan berbeda.

Kendati demikian, untuk data yang statusnya masih kuning masih dibutuhkan proses verifikasi ulang dengan menggunakan citra satelit.

Sementara, untuk data yang berwarna merah diperlukan verifikasi dengan cara turun ke lapangan.

"Insya Allah negara ini akan punya satu data tentang pertanian," pungkasnya.

https://properti.kompas.com/read/2019/10/31/195131621/kementerian-atr-kementan-sepakat-perbaiki-data-lahan-baku-persawahan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke