Salin Artikel

Dibuka 2020, Begini Kondisi Terbaru Tol Manado-Bitung

Jalan tol yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) ini menjadi bagian dari pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung serta KEK Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung menjelaskan progres konstruksi untuk Paket 2 Air Madidi-Bitung hingga akhir September 2019 telah mencapai 50,27 persen dan pembebasan lahan yang mencapai 93,20 persen.

“Untuk masing-masing seksi, progres konstruksi Seksi 2A (Air Madidi-Danowudu) sudah mencapai 89,40 persen, sementara itu seksi 2B (Danowudu-Bitung) saat ini progres konstruksi mencapai 31,20 persen,” jelas George dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10/2019).

Di Seksi 2A, JMB sedang menyelesaikan pekerjaan Simpang Susun Kauditan, kantor dan gerbang tol yang ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun 2019.

Sementara itu untuk seksi 2B merupakan penyelesaian pekerjaan jembatan, crossing, drainase dan mainroad serta Simpang Susun Danowudu yang ditargetkan dapat selesai tahun 2020.

Upaya mengejar ketertinggalan progres konstruksi, JMB sudah mulai menambahkan batching plan, mendatangkan alat berat untuk pekerjaan timbunan dan menambah pekerja, serta menambah sumber material yang diperlukan.

Sedangkan progres konstruksi untuk Paket 1 dengan rincian Seksi 1A (Manado-Sukur) dan Seksi 1B (Sukur-Air Madidi) telah mencapai 100 persen.

"Setelah selesai konstruksi dan rangkaian kegiatan uji laik, baik uji laik fungsional maupun uji laik operasi maka akan langsung dioperasikan tahun 2020," imbuh George.

Untuk diketahui, Jalan Tol Manado-Bitung dirancang sepanjang 39 kilometer yang dibangun dengan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Proses pembangunannya mencakup 2 paket pekerjaan yaitu, Paket 1 sepanjang 14,00 kilometer merupakan ruas yang didukung dengan pembiayaan Viability Gap Fund (VGF).

Porsi pemerintah ini terbagi atas Seksi 1A (Manado-Sukur) sepanjang 7 kilometer dan Seksi 1B (Sukur-Air Madidi) sepanjang 7 kilometer.

Seksi 2A (Air Madidi-Danowudu) sepanjang 11,5 kilometer dan Seksi 2B (Danowudu-Bitung) sepanjang 13,5 kilometer.

Dengan hadirnya Jalan Tol Manado Bitung ini diharapkan mampu membantu perkembangan perekonomian dan peningkatan potensi wisata di wilayah Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado dan Bitung.

Jika kelak beroperasi penuh, jalan tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Manado-Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1-1,5 jam menjadi 40-50 menit .

https://properti.kompas.com/read/2019/10/09/100714821/dibuka-2020-begini-kondisi-terbaru-tol-manado-bitung

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.