Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Fakta Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Setelah itu, jalan tol yang dirancang sepanjang 36,4 kilometer ini akan dibuka dan beroperasi secara penuh pada awal 2020.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono memastikan, konstruksi fisik rampung pada September ini.

Hingga 15 September 2019, pekerjaan fisik telah mencapai 96,5 persen. Ini artinya sisa pekerjaan tinggal 3,5 persen, menyangkut hal-hal minor seperti pengaspalan, pemasangan rambu dan marka jalan, pembangunan gardu tol, hingga kantor pengelola tol.

Project Manager Tol Jakarta- Cikampek II Elevated Fatkhur Rozaq menuturkan, saat tol ini beroperasi penuh, akan menjadi jalan berbayar melayang terpanjang di Indonesia.

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang Tol Wiyoto Wiyono sepanjang 15 kilometer.

"Ini memang jalan tol layang terpanjang pertama di Indonesia sepanjang 36,4 kilometer," kata Fatkhur di lokasi proyek, Rabu (18/9/2019).

1. Panjang tol 36,4 kilometer

Jalan tol ini dirancang sepanjang 36,4 kilometer yang terdiri dari sembilan seksi. Seksi I Cikunir-bekasi Barat, Seksi II Bekasi Barat-Bekasi Timur, Seksi III Bekasi Timur-Tambun, Seksi IV Tambun-Cibitung, dan Seksi V Cibitung-Cikarang Utama.

Kemudian Seksi VI Cikarang Utama-Cikarang Barat, Seksi VII Cikarang Barat-Cibatu, Seksi VIII Cibatu-Cikarang Timur, dan Seksi IX Cikarang Timur-Karawang Barat.

2. BUJT

Badan usaha jalan tol (BUJT) yang mengelola adalah konsorsium PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC0 bentukan dua perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT PT Ranggi Sugiron Perkasa.

3. Nilai investasi dan masa konsesi

Guna merealisasikan jalan tol yang terbentang mulai dari Cikunir (Sta 9+500) hingga Karawang Barat (Sta 47+500) ini JJC menginvestasikan dana senilai Rp 16,23 triliun dengan ongkos konstruksi Rp 11,67 triliun.

Ada pun masa konsesinya selama 40 tahun.

4. Melewati 10 kawasan

5. Kontraktor

Kontraktor utama yang mengerjakan tol ini adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk (KSO Waskita-Acset).

Keduanya menandatangani kontrak dengan JJC senilai Rp 13,5 triliun (termasuk PPN), pada Senin (27/2/2017).

Dalam KSO ini, porsi Waskita 51 persen, mengerjakan ruas dari Cikunir hingga Cikarang sepanjang 19,7 kilometer.

Adapun ACSET 49 persen, mengerjakan ruas dari Cikarang hingga Karawang sepanjang 18,9 kilometer.

6. Relokasi sejumlah fasilitas

7. Baja yang digunakan

Penggunaan baja yang dipasok oleh PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam proyek jalan tol ini sebanyak 245.000 ton. Komponen utama dari baja tersebut yakni box girder.

8. Dirancang dapat menahan Megathrust

Konstruksi jalan berbayar ini diklaim ampuh dalam menahan guncangan gempa bermagnitudo tinggi atau megathrust.

Hal itu karena expansion joint yang dipasang pada setiap sambungan pierhead. Expansion joint merupakan salah satu dari beberapa jenis sambungan yang kerap digunakan dan memegang peran penting pada sistem perpipaan.

Kekuatan expansion joint ini dapat menahan gempa hingga 1.000 tahun dengan kekuatan hingga di atas magnitudo 8.

9. Tol layang terpanjang

Hingga saat ini, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) tercatat sebagai tol layang terpanjang di Indonesia, mengalahkan rekor Jalan Tol Wiyoto Wiyono yang membentang 15 kilometer.

https://properti.kompas.com/read/2019/09/19/070000421/9-fakta-jalan-tol-layang-terpanjang-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke