Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Bahaya yang Mengintai Rumah Bertingkat

Ukurannya yang luas membuat ketersediaan ruang lebih banyak. Dengan begitu, rumah bertingkat bisa ditinggali lebih dari tiga anggota keluarga.

Dalam keadaan yang lebih darurat, memiliki rumah bertingkat bisa menjadi tempat untuk mengungsi saat terjadi banjir besar.

Namun jangan terlena dengan segala keuntungan dan kepraktisan yang diberikan oleh rumah bertingkat. Tinggal di rumah seperti ini juga punya risiko dan bahayanya tersendiri.

Simak lima bahaya yang mengintai rumah bertingkat berikut ini. 

1. Perencanaan Yang Keliru

Mulai dari penyesuaian dengan Garis Sempadan Bangunan (GSB), Koefisien Dasar Bangunan (KDB), serta peraturan ketinggian dan elevasi lantai bangunan yang sudah diatur pemerintah.

Bila hal-hal ini diabaikan, bukan tidak mungkin pondasi dan struktur utama rumah bisa bermasalah dan berakibat runtuhnya bangunan rumah.

Peraturan tersebut dibuat untuk menjaga kekokohan rumah bertingkat yang cenderung lebih rapuh daripada rumah satu tingkat karena adanya penambahan beban di bagian atas.

2. Tertimpa Material Saat Proses Pembangunan

Agar hal ini tidak terjadi, pasang jaring pengaman untuk meminimalisir risiko tertimpa material yang jatuh dari lantai atas.

Instrumen pengaman bukan hanya melindungi para pekerja dari bahaya, tapi juga warga sekitar yang kebetulan lewat di daerah pembangunan.

Kalau sampai tidak dipasang dan memakan korban luka atau bahkan jiwa, urusannya akan panjang karena sanksi yang akan dijatuhkan.

3. Terjatuh dari Tangga atau Ketinggian

Anggota keluarga yang sudah lanjut usia berisiko terjatuh dari tangga karena langkah kaki dan fleksibilitas yang sudah tidak prima.

Anda juga perlu mengawasi anak-anak supaya tidak bermain terlalu dekat dengan ujung balkon atau tangga.

Maka dari itu, posisikan kamar tidur anggota keluarga yang sudah lanjut usia di lantai bawah demi keselamatannya.

Berikan pintu kecil tambahan di ujung tangga dan teralis pengaman di balkon untuk menghindari anak atau anggota keluarga lain terjatuh.

4. Kerusakan yang Lebih Destruktif Saat Bencana

Selain gempa bumi, kebakaran yang terjadi di lantai bawah membuat anggota keluarga yang sedang di lantai atas sulit untuk dievakuasi.

Untuk mengurangi risiko ini, saat perencanaan dan pembangunan perlu dibuatkan akses evakuasi khusus yang bisa mempercepat proses evakuasi kiranya terjadi bencana.

5. Celah Pencuri untuk Masuk ke Rumah

Area-area seperti area servis atau ruang jemur bisa jadi celah pencuri untuk masuk dan mengambil barang-barang berharga Anda yang tersimpan di dalam laci kamar tidur.

Langkah pencegahan dan pengamanan perlu dilakukan supaya tidak menyesal nantinya.

Beberapa di antaranya adalah menambah teralis yang menutup area servis atau ruang jemur, dan penghalang di dinding pembatas antara rumah Anda dengan rumah tetangga.

Dengan mengetahui bahaya yang bisa mengancam Anda dan keluarga di rumah bertingkat, Anda bisa lebih teliti bila ada rencana untuk membeli atau membangun rumah bertingkat dan lebih waspada jika sudah menghuni rumah bertingkat.

https://properti.kompas.com/read/2019/09/14/164306021/5-bahaya-yang-mengintai-rumah-bertingkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke