Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden: Pengembangan Danau Toba Dilakukan Paralel

Termasuk untuk pengembangan daerah wisata maupun aksesibilitas menuju lokasi wisata tersebut.

“Paralel dikerjakan dua-duanya bersama-sama,” kata Presiden di lokasi pembangunan Jembatan Tano Ponggol, Toba Samosir, Sumatera Utara, Rabu (31/7/2019).

Sudah tiga hari Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi berada kawasan Danau Toba.

Dalam kunjungan pada hari ini, Presiden bertandang ke Kampung Adat Batu Persidangan di Kampung Huta Siallagan, Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Rabu (31/7) pagi.

Setelah itu, Presiden juga menyempatkan diri meninjau Pasar Onan Baru Pangururan, Kabupaten Samosir.

“Saya juga cek juga jalan keliling di Pulau Samosir, sudah selesai. Sudah selesai lah tinggal 21 kilometer. Tahun ini rampung,” ucap Presiden.

Preservasi dilakukan dengan meningkatkan kualitas jalan mengikuti standar nasional yakni 2-7-2. Artinya, bahu jalan 2 meter pada masing-masing kanan dan kiri, serta lebar lajur masing-masing 3,5 meter.

Adapun untuk pekerjaan pelebaran dan pendalaman alur Tano Ponggol, Presiden mengungkapkan, nantinya alur yang memisahkan antara Pulau Samosir dan daratan Sumatera ini dapat dilewati kapal pesiar.

Dengan demikian, wisatawan yang hendak mengelilingi Pulau Samosir memiliki alternatif selain melalui jalur darat.

“Ini selesai karena ini pekerjaan besar yang dilebarkan 80 meter. Sehingga nanti kapal itu bisa muter pulau samosir. Kira-kira begitu,” ungkap Presiden.

“Termasuk dermaga dan pelabuhan akan diselesaikan semuanya sehingga kapalnya juga akan dibelikan lagi, ditambah,” imbuh dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, penguatan sumber daya manusia juga akan dilakukan agar masyarakat dapat semakin siap dalam menghadapi wisatawan yang kelak akan datang. Terlebih, sesuai rencana Danau Toba akan menjadi KSPN bertaraf internasional.

“SMK di sini beberapa akan kita switch menjadi SMK pariwisata. Ini paralel semuanya enggak bisa hanya produknya saja tapi SDM-nya tidak,” tutup Presiden.

https://properti.kompas.com/read/2019/07/31/163545121/presiden-pengembangan-danau-toba-dilakukan-paralel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke