Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Bakal Rehabilitasi Rumah Adat di Kampung Ulos Samosir

Kawasan tersebut selama ini dikenal sebagai desa wisata yang kerap disambangi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri dan pusat perajin ulos di Pulau Samosir.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada sejumlah rumah gorga yang akan diperbaiki karena kondisinya yang sudah tidak laik.

Selain itu, ada beberapa rumah yang bentuknya telah beralih menjadi rumah modern, sehingga nantinya akan direlokasi dan dibuat sepenuhnya menjadi rumah gorga.

“Hanya ada beberapa rumah, 40-an rumah akan kita coba rehabilitasi, supaya pelatihan tenun tetap berlanjut dan keahlian masyarakat terus berlanjut,” kata Basuki usai meninjau lokasi, Senin (29/7/2019).

Terlebih bila kawasan ini dapat ditata dengan lebih baik serta dilengkapi dengan berbagai infrastruktur dasar seperti sanitasi.

“Rumah gorga ini menjadi kawasan wisata sekaligus pusaka. Saya kira kita akan rehab pusat tenun Samosir ini,” ujarnya.

Sementara itu, seorang warga, Lasmauli Simarmata (67) bersyukur dengan rencana revitalisasi tersebut.

Menurut dia, rumah gorga yang ada di wilayah tersebut merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang yang telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu.

Dengan demikian, keberadaan rumah-rumah tersebut memiliki nilai sejarah yang panjang bagi warga.

“Kami berharap rumah ini bisa diperbaiki. Selain itu kalau bisa ada tambahan toilet, supaya di sini kan akan menjadi kawasan (wisata) internasional, supaya mereka tidak minta tolong ke rumah warga kalau mau buang air kecil,” pungkasnya.

https://properti.kompas.com/read/2019/07/29/174751021/pemerintah-bakal-rehabilitasi-rumah-adat-di-kampung-ulos-samosir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke