Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kawasan Golf Mewah Sudah Ada di Makassar, Tak Perlu ke Dubai...

Bicara rumah di kawasan golf misalnya, di Indonesia tren ini sudah lama terjadi dan kini tetap punya pasar tersendiri. Harga pasar kavling di Bukit Golf, Pondok Indah Jakarta, seperti pernah dilansir Rumah123.com, bisa berkisar Rp70 juta sampai Rp100 juta per meter persegi.

Lain halnya di Surabaya, Jawa Timur. Di CitraLand Surabaya, perumahan golfview sudah berkisar Rp20 juta meter persegi. Kedua kawasan ini memiliki image sebagai kawasan elite di daerahnya masing-masing.

Pun, kini tren itu juga merambat ke provinsi di luar Jawa, salah satunya di Makassar,
Sulawesi Selatan (Sulsel). Pengembang juga membidik kalangan elite di sini untuk mau menetap atau berinvestasi di kawasan golf.

Hal itu dikatakan Harianto, Manajer Proyek CitraGrand Galesong City, Gowa. Menurut dia, tingginya nilai properti di kawasan golf disebabkan karena rumah yang "dijual" itu bukan hanya tanah dan bangunan, tapi juga suasana alam atau lingkungan yang segar.

"Itu belum termasuk prestise pemiliknya yang akan jauh lebih berharga sehingga harga lahannya lebih bernilai dibanding dengan rumah tapak biasa," kata Harianto, Selasa (16/7/2019).

Harianto menjelaskan, CitraGrand Galesong City sendiri merupakan satu-satunya perumahan di sekitar Makassar yang dikeliling 18 hole lapangan golf Padi Valley. Sebagian besar pembelinya adalah kalangan menengah atas Sulsel.

Dia menambahkan, penjualan unit pada semester pertama 2019 ini naik sekitar 5 persen dibandingkan semester pertama tahun lalu. Untuk itu, Harianto optimis pada semester kedua ini atau pascapilpres bisnis properti menengah atas bisa lebih baik.

"Tapi, naiknya permintaan juga tidak lepas dari terhubungnya jalan poros Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar) yang membuat mobilitas dan aktivitas bisnis antar wilayah di situ makin mudah. Ditambah lagi adanya rencana pemindahan Ibu Kota Kabupaten Gowa dari Sungguminasa ke Pattallasang," tambah Harianto.

Dia mengatakan, harga tanah yang ditawarkan masih berkisar Rp4 jutaan per meter persegi atau lebih murah dibandingkan dengan perumahan golf di daerah lain yang minimal sudah puluhan juta rupiah per meter persegi.

Saat ini pihaknya menawarkan rumah dan kavling golf untuk segmen atas di antaranya Cluter The Ritz, Cluster The Ultima, Cluster Serenity Golf dan Cluster Sunshine Valley.

Adapun CitraGrand Galesong City, Gowa, dibangun di lahan lebih dari 500 hektar di area perbukitan. Kawasan residensial ini dikelilingi padang golf bertaraf internasional yang terhampar seluas 110 hektar.

Dubai dan Kanada

Bicara rumah mewah, perumahan yang menyatu dengan kawasan lapangan golf memang selalu menjadi ikon kawasan elite, tempat tinggal para pesohor mulai pejabat, model, artis, pengusaha kelas kakap, dan lainnya. 

Di kalangan kelas atas, mungkin hanya sedikit yang tak kenal dengan Jumeirah Golf Estate di Dubai dan Cabot Cliff di Kanada. Kedua adalah perumahan bergaya resor di kawasan lapangan golf bertaraf internasional.

Di kawasan-kawasan ini tak sembarang orang mampu memiliki properti, karena harganya memang sangat fantastis. Pada 2016 lalu misalnya, harga satu unit vila di Distrik Sanctuary Falls, Jumeirah Golf Estates sudah mencapai 10 juta dirham atau setara Rp 37,3 miliar hingga 25 juta dirham atau Rp 93,3 miliar.

Tapi, itu tak mengurungkan niat kaum berduit dunia untuk memiliki vila di sana. Contohnya adalah pasangan artis Bollywood, Abhishek Bachchan dan Aishwarya Rai Bachchan.
Mereka sudah punya satu unit di Dubai's Sanctuary Falls sejak 2016.

Sementara tidak jauh berbeda dengan Jumeirah Golf Estates, Cabot Cliff di Kanada juga menjadi destinasi hunian kalangan papan atas dunia. Kawasan lapangan golf 18 hole dan resor mewah yang menghadap ke Teluk St. Lawrence ini dilengkapi berbagai fasilitas resor seperti: clubhouse, hotel butik, restoran, toko ritel, spa, dan lain-lainnya. Rumah kelas atas di sini bisa mencapai sekitar Rp11 miliar hingga Rp145 miliar.

https://properti.kompas.com/read/2019/07/18/222726121/kawasan-golf-mewah-sudah-ada-di-makassar-tak-perlu-ke-dubai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke