Salin Artikel

Unik, Mesin ATM Dibuat dari Tembok Berlin

Sama seperti monumen di Berlin ini. Seniman Michael Elmgreen dan Ingar Dragset membuat instalasi dengan bagian dari Tembok Berlin.

Uniknya, di dalam instalasi tersebut disisipkan mesin ATM yang beroperasi 24 jam. Selain mesin ATM, dalam instalasi ini, Elmgreen dan Dragset menggabungkan obyek lain yang terlihat tidak terkait, yakni segmen tirai besi yang pernah memisahkan Berlin Timur dan Barat.

Keberadaan instalasi di Berlin merupakan donasi dari seorang kolektor bernama Heiner Wemhoner dan akan dipajang di depan gedung Hamburger Bahnhof.

Lebih lanjut, patung peringatan ini dinamai Statue of Liberty. Instalasi yang dinamai Statue of Liberty ini terinspirasi dari Patung Liberty yang monumental dan menjadi simbol kebebasan saat menyambut para imigran datang pertama kali ke Amerika Serikat.

Statue of Liberty dibuat sebagai karya peringatan untuk pemisahan Jerman, sebuah monumen yang mengingat waktu yang hilang setelah jatuhnya tembok, dan peringatan tentang sejarah dan kota.

Perpaduan aneh ini menggambarkan keadaan Kota Berlin yang saat ini berkembang sangat pesar sejak jatuhnya tembok pembatas yang melambangkan perang dingin pada masanya.

https://properti.kompas.com/read/2019/06/24/220000421/unik-mesin-atm-dibuat-dari-tembok-berlin

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.