Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Siapkan Program Pembenahan Drainase Jalan Nasional

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan salah satu program infrastruktur kementerian yang ia pimpin pada tahun 2020 mendatang adalah pembenahan drainase jalan nasional secara masif.

Basuki menambahkan, pihaknya telah menyiapkan program khusus yaitu pembangunan drainase secara nasional.

Dengan begitu, untuk melaksanakan program tersebut, Direktorat Jenderal Bina Marga (Ditjen Bina Marga) tengah menyusun desain program terkait.

Lebih lanjut, pagu indikatif Kementerian PUPR pada tahun 2020 sebesar Rp 38,8 triliun dimana alokasi di Ditjen Bina Marga sebesar Rp 38,8 triliun.

Basuki menuturkan, pembangunan drainase jalan yang tersambung dengan drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan pada ruas jalan.

Ini karena drainase jalan pada masa lalu dibuat hanya di sisi jalan, belum terhubung sampai pembuatan saluran air akhir.

Selain itu, pada 2020 mendatang, Kementerian PUPR juga akan memperbarui Keputusan Menteri PUPR mengenai penetapan ruas jalan menurut statusnya sebagai jalan nasional menggantikan Kepmen PUPR tahun 2015.

"Jalan yang belum ditetapkan statusnya seperti jalan perbatasan di Kalimantan yang dibangun Kementerian PUPR akan ditetapkan statusnya tahun depan, sehingga tanggung jawab pemeliharaannya menjadi lebih jelas," ucap Basuki.

https://properti.kompas.com/read/2019/06/16/115924221/pemerintah-siapkan-program-pembenahan-drainase-jalan-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke