Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Praktis Bersihkan Perabot Setelah Mudik Lebaran

Nah, jika perabot di rumah membutuhkan perawatan khusus setelah ditinggal selama libur Lebaran, berikut tips praktis membersihkannya:

Tirai

Selama ditinggal mudik, tirai di rumah banyak menyimpan debu. Untuk membersihkannya gunakan vacuum cleaner dan arahkan ke bawah.

Namun ingat, berhati-hatilah dalam menggunkaan vacuum cleaner dan hindarkan tirai dari mulut penyedot secara langsung.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan bahan tirai yang digunakan. Setiap bahan tentu memiliki penanganan dan cara pencucian yang berbeda.

Karpet

Jika karpet di rumah Anda terkena noda atau kotoran, gunakan campuran baking soda, kanji, tpung maizena, cengkeh, dan daun salam. Kemudian percikkan campuran larutan tersebut ke permukaan karpet.

Sofa

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan ini mampu menghilangkan bau dan memudarkan noda pada kain.

Namun jika sofa di rumah membutuhkanperhatian khusus, lakukan permbersihan khusus dengan memercikkan baking soda. Kemudian tunggu selama 20 sampai 60 menit.

Setelah itu, gunakan penyedot debu untuk membersihkan sisa baking soda dan mengangkat kotoran.

Jika belum buang semua sisa makanan yang sudah tidak layak konsumsi dan singkirkan sementara bahan yang masih dapat digunakan.

Usap bagian kulkas menggunakan lap atau handuk untuk mengangkat kotoran bekas makanan yang tertinggal.

Selalu bersihkan kulkas dari atas ke bawah agar Anda tidak perlu kembali membersihkan tempat yang sama berulang kali.

Perlu diperhatikan, saat membersihkan kulkas, jangan menggunakan bahan kimia karena dikhawatirkan dapat mengontaminasi makanan yang disimpan.

Microwave

Salah satu trik yang dapat Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan lemon. Bahan ini dapat menghilangkan bau yang tertinggal pada microwave.

Potong setangah bagian lemon dan letakkan di mangkuk. Tambahkan dua cangkir air ke dalam mangkuk dan panaskan selama dua menit.

Dinginkan campuran air lemon tersebut selama kurang lebih satu menit. Aroma lemon yang keluar bisa menetralisir bau.

Selain itu, Anda dapat menggunakaan campuran air dan cuka dengan komposisi 50:50. Kemudian seka microwave menggunakan lap yang di rendam dalam campuran cuka sesaat setelah oven dibersihkan. Langkah ini dapat menyapu seluruh sisa-sisa pembersih atau residu.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan baking soda guna membersihkan peralatamn dapur khususnya yang terbuat dari plastik.

Rendam alam-alat tersebut pada larutan baking sida dan air panas lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, gosok dan keringkan peralatan yang telah direndam.

Panci

Minyak seringkali sulit dibersihkan dari permukaan panci atau penggorengan bahkan dengan sabun pencuci piring.

Kini, Anda bisa mencoba menaburi permukaan panci dengan garam. Setelah ditaburi, tambahkan air lalu biarkan selama 10 menit.

Larutan garam dan air yang tercampur dapat melepaskan minyak sehingga lebih mudah dibersihkan.

Talenan kayu

Anda tidak perlu kesulitan lagi membersihkan talenan kayu. Larutkan air panas, garam dan air jeruk nipis. Kemudian seka talenan menggunakan handuk atau lap yang telah dicelupkan pada larutan tersebut.

Spons

Sudah menjadi rahasia umum jika spons menjadi tempat berkembangbiak bakteri meski digunakan sebagai alat pembersih. Setelah dipakai berkali-kali, sisa makanan atau kotoran akan menempel pada spons pencuci piring.

Untuk membersihkannya, Anda bisa melibatkan garam. Caranya, isi wadah dengan dua gelas air dan seperempat cangkir garam. Rendam spons di dalamnya dan tinggalkan semalaman.

Barang-barang perak

Anda dapat menggunakan kulit pisang untuk membersihkan barang-barang yang terbuat dari perak dengan mudah.

Cukup gosokkan kulit pisang dengan gerakan memutar pada peralatan perak, setelah itu bilas dengan air hangat.

https://properti.kompas.com/read/2019/06/01/164740621/kiat-praktis-bersihkan-perabot-setelah-mudik-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke