Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penerapan "One Way" Mudik Dinilai Efektif dengan Sejumlah Catatan...

Periode one way ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, dari KM 70 hingga KM 263 Jalan Tol Trans-Jawa.

Penormalan akan diberlakukan kembali pada pukul 19.00 WIB  sesuai dengan diskresi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas).

Bagaimana efektivitas one way dalam mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Trans-Jawa?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang parikesit mengatakan, sejauh ini usulan sistem lalu lintas one way dari Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri), dan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) cukup efektif.

Namun demikian, Danang menilai, masih ada beberapa catatan minor yang harus segera diperbaiki.

"Hal ini menyebabkan munculnya antrean sebelum Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama," ujar Danang kepada Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com.

Dari pantauan Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com, antrean panjang kendaraan memang terjadi hingga dini hari, Sabtu (1/6/2019) pukul 03.30 WIB, jelang GT Cikampek Utama.

Catatan berikutnya, menurut Danang adalah titik kritis di KM 300-400. Dia menyarankan pemudik untuk mengisi BBM karena kapasitas tangki yang terbatas.

"Kami harapkan di KM 200-300 pengemudi sudah mulai melakukan pengisian tangki BBM di SPBU pertama yang ditemui," imbuh Danang.

Selain itu, dia juga menyarankan pemudik untuk mengisi kartu tol elektronik dengan nilai maksimum sebelum melakukan perjalanan mudik, untuk menghindari pengisian ulang di jalan tol.

Kemudian, penggunaan bahu jalan yang terjadi karena mesin overheat, sehingga pemudik menghentikan kendaraannya di bahu jalan.

Danang menilai hal ini sangat membahayakan. Untuk itu, pihaknya menginstruksikan badan usaha jalan tol (BUJT) untuk menderek kendaraan yang rusak sesegera mungkin.

Sebagai informasi, dalam dua hari pelaksanaan mudik Lebaran atau hingga H-5, sebanyak 373.158 kendaraan telah meninggalkan Jakarta.

Berdasarkan catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, jumlah lalu lintas ini mencapai 28,8 persen dari total prediksi lalu lintas arus mudik pada H-7 sampai H-1 yang mencapai 1,3 juta kendaraan.

Dengan demikian, masih terdapat sekitar 920.000 kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan mudik.

Secara rinci, hampir 51 persen pemudik atau sekitar 191.173 kendaraan menuju ke arah timur, baik itu melewati Gerbang Tol Cikampek Utama maupun Kalihurip Utama.

Komposisinya, 129.306 kendaraan melewati GT Cikampek Utama dan 61.867 kendaraan melewati GT Kalihurip Utama. Jumlah ini naik 82,9 persen dari LHR normal 104.544 kendaraan.

Sementara itu, kendaraan yang menuju arah barat melalui GT Cikopo mencapai 31 persen atau sekitar 116.323 kendaran.

Adapun yang melewati jalur selatan menuju wilayah Puncak dan sekitarnya mencapai 18 persen atau sekitar 65/662 kendaraan. 

https://properti.kompas.com/read/2019/06/01/124838821/penerapan-one-way-mudik-dinilai-efektif-dengan-sejumlah-catatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke