Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ruas Batang-Semarang, Titik Lelah Tol Trans-Jawa

Bahwa perjalanan panjang menuju kampung halaman, membutuhkan konsentrasi, fisik prima, persiapan kendaraan, dan perilaku berkendara.

Terlebih mudik menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa yang telah tersambung sepanjang 965 kilometer dari Merak di Banten, hingga Probolinggo di Jawa Timur.

Trek lurus dan panjang, serta mulus, tak dimungkiri menstimulasi pemudik untuk melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Dengan begitu, perjalanan ke tempat tujuan menjadi lebih singkat, efektif dalam hal waktu, biaya, dan juga tenaga.

"Sebab, ruas-ruas tol di Jawa Tengah, terutama Batang-Semarang merupakan titik lelah dari koridor Tol Trans-Jawa,baik dari arah timur maupun barat," tutur Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Arie Irianto kepada Tim Merapah Trans Jawa 4.0 Kompas.com, Rabu (29/5/2019).

Menurut perhitungan Arie, dengan asumsi kecepatan kendaraan 80 kilometer per jam, dibutuhkan waktu lima hingga enam jam dari Jakarta menuju Semarang dengan jarak 444,3 kilometer. 

Lima hingga enam jam merupakan rentang waktu maksimal untuk melakukan interval atau jeda mengemudi. 

Dia menambahkan, perjalanan mudik seharusnya dilalui dengan nyaman, gembira, dan penuh suka cita yang bisa diceritakan kepada saudara dan familia.

Bahwa ada banyak rest area dengan kemasan visual dan fisik menarik bisa dikunjungi, bahwa ada destinasi wisata yang demikian atraktif, dan bahwa ada sentra kuliner berselera, harus dapat dinikmati pemudik dengan penuh rasa kegembiraan.

"Isu mudik sekarang bukan lagi masalah kemacetan, dan juga tingkat kecelakaan, melainkan bagaimana perhelatan tahunan ini lebih lancar, nyaman, dan aman serta safety driving," kata Arie.

Adapun Ruas Tol Batang-Semarang dilalui 27.000 kendaraan untuk dua jalur pada hari perdana mudik, Selasa (28/5/2019), atau H-7 Lebaran.

Sementara pada puncaknya nanti, 30 Mei hingga 31 Mei diprediksi sekitar 28.000 kendaraan melintasi tol sepanjang 75 kilometer ini.

https://properti.kompas.com/read/2019/05/29/225528521/ruas-batang-semarang-titik-lelah-tol-trans-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke