Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekspedisi Mudik "Merapah Trans Jawa 4.0" Sampai di Surabaya

Secara umum, perjalanan berlangsung lancar dengan kondisi lalu lintas masih lengang. Antrean panjang padat merayap hanya terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek yang didominasi kendaraan logistik.

Itu pun karena ada kecelakaan terlepasnya balok baja atau Steel I-Girder (SIG) Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek dari truk pada Rabu (21/5/2019) yang menutup satu lajur jalan.

Selepas Tol Jakarta-Cikampek, ruas-ruas tol lainnya belum dipadati kendaraan. Seperti Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, dan Tol Batang-Semarang.

Demikian halnya di ruas Tol Semarang-Solo, Tol Solo-Ngawi-Kertosono, Tol Kertosono-Mojokerto, dan Tol Mojokerto-Surabaya.

Secara umum, ruas-ruas tol tersebut terpantau siap untuk dilintasi pemudik. Kelengkapan rest area pun mencukupi dengan interval sekitar sekitar 20 kilometer hingga 40 kilometer. 

Terdapat 33 rest area di sepanjang Merak-Surabaya jalur A. Dari jumlah ini, 23 rest area di antaranya berstatus Tipe A yang dilengkapi SPBU, tempat makan, masjid atau mushala, mini market, ATM, gerai top up kartu elektronik, lot parkir, dan posko kesehatan. 

Sementara di jalur B arah Jakarta, terdapat 34 rest area dengan tempat istirahat dan pelayanan sejumlah 23 unit. Sebagian sisanya merupakan tempat istirahat sementara dan parking bay.

Kepada para pemudik, Anggota PJR VI Ngawi Polda Jawa Timur Brigadir Agustri mengimbau agar mempersiapkan diri dan kendaraan dengan baik.

"Cek ban, mesin, tekanan angin, kelengkapan kendaraan dan surat izin, jika lelah, jangan dipaksakan. Beristirahatlah setiap 4 jam sekali," tutur Agustri kepada Tim Merapah Trans Jawa 4.0 Kompas.com, Jumat (24/5/2019).

https://properti.kompas.com/read/2019/05/25/083346921/ekspedisi-mudik-merapah-trans-jawa-40-sampai-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke