Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

JORR 2 Diprediksi Jadi Akses Utama Satu Dekade Mendatang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 diharapkan dapat melengkapi keberadaan moda transportasi massal seperti Light Rail Transit (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT).

Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Bernardus Djonoputro mengatakan, Tol JORR 2 dapat menjadi salah satu pemantik lahirnya sejumlah kota satelit mandiri di sekitar wilayah DKI Jakarta.

Masyarakat pun diharapkan memiliki lebih banyak alternatif untuk tinggal di sekitar wilayah DKI, lantaran jarak tempuhnya yang relatif tidak terlalu jauh ke pusat kota.

"Jadi pergerakan JORR 2 itu lebih kepada membuka akses dari jalur utama ke kota mandiri. Itu juga bisa menjadi komplementer dari sumbu-sumbu LRT dan MRT," kata Bernie kepada Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Ia memprediksi, dalam kurun 10 hingga 20 tahun ke depan, masyarakat akan menggunakan JORR 2 sebagai akses utama untuk membantu pergerakan mereka dari wilayah timur ke barat Jakarta.

Sementara untuk ke pusat kota, mereka akan menggunakan moda transportasi massal seperti LRT dan MRT yang kelak akan terintegrasi jaringannya.

Untuk mendukung konektivitas tersebut, maka diperlukan angkutan pengumpan (feeder)  dari kota satelit ke moda transportasi massal. Angkutan tersebut nantinya dapat melewati JORR untuk memudahkan pergerakannya.

"Karena kita tidak mungkin kan membangun MRT atau LRT yang paralel dengan JORR 2 yang melintang dan menusuk ke dalam," imbuh Bernie.

Dengan adanya integrasi antara moda transportasi dan infrastruktur ini diharapkan kemacetan pun akan semakin berkurang.

Di samping itu, Bernie melanjutkan, perlu adanya pembangunan sistem transportasi berbasis rel yang kelak dapat membantu perpindahan barang logistik skala besar dari pelabuhan ke sejumlah wilayah.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi terjadinya pertemuan antara truk dengan kendaraan pribadi di jalan tol yang dapat berimbas pada semakin meningkatnya kemacetan.

https://properti.kompas.com/read/2019/04/26/170000621/jorr-2-diprediksi-jadi-akses-utama-satu-dekade-mendatang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke