Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga KEK di Indonesia Timur Resmi Beroperasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia timur, yaitu KEK Maloy Batuta Trans-Kalimantan, KEK Morotai, dan KEK Bitung.

Peresmiannya dilakukan di Bandar Udara Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4/2019).

Presiden berharap kehadiran tiga KEK tersebut bisa meningkatkan perekonomian daerah setempat dengan dibukanya industri pengolahan dan industri lain, serta didirikannya pabrik-pabrik di kawasan tersebut.

Dengan begitu, lapangan pekerjaan pun semakin bertambah banyak, termasuk bagi warga lokal.

“Di Bitung sudah mulai, kemudian juga banyak investor baru yang mengantre di situ. Morotai juga tadi Pak Gubernur Maluku Utara juga sudah menyampaikan sudah dimulai di sana, tetapi minta fasilitas bandaranya lebih diperpanjang lagi. Dan di Maloy Batuta juga sama,” ujar Jokowi, seperti dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Senin (1/4/2019).

Jokowi berharap keberadaan tiga KEK itu membuat pembangunan di kawasan timur Indonesia lebih merata.

Selama ini produk dari wilayah di sekitar KEK itu diekspor dalam bentuk barang mentah. Dengan adanya pabrik-pabrik baru, diharapkan mampu mengolah hasil industri di sana.

Sebagai contoh, di bidang perikanan, ada investor industri pengolahan ikan. Begitu pula nantinya untuk produk kelapa sawit dan hasil perkebunan lainnya, termasuk juga sektor pariwisata.

Jokowi mengatakan, mengekspor bahan-bahan yang sudah diolah akan memberi nilai tambah, selain juga membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya kepada masyarakat.

Dia menambahkan, pembangunan kawasan ekonomi khusus juga harus diimbangi dengan fasilitas infrastruktur dari pemerintah sehingga bisa lebih bersaing dengan produk-produk lain dan lebih efisien.

Jokowi memberi contoh penyelesaian jalan tol Bitung-Manado yang berada di sekitar KEK Bitung.

“Tadi sudah saya cek, sudah 80 persen selesai. Insya Allah nanti September, maksimal Oktober operasional sudah kita resmikan,” imbuhnya.

https://properti.kompas.com/read/2019/04/02/140000221/tiga-kek-di-indonesia-timur-resmi-beroperasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke