Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warga Terdampak Banjir Bandang Sentani Bakal Direlokasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para korban banjir bandang Sentani akan direlokasi. Presiden Joko Widodo meminta warga yang sebelumnya tinggal di kawasan rawan bencana dipindahkan.

Lokasi pemindahan ditentukan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayapura. Presiden meminta, lokasi harus benar-benar berada di zona  aman.

"Relokasinya akan segera ditetapkan oleh gubernur dan bupati. Kalau sudah tempatnya nanti dibebaskan dan sudah ditetapkan, baru kita akan masuk nanti untuk pembangunan rumahnya," kata Presiden seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Selasa (2/4/2019).

Sebelumnya, Presiden menyambangi korban banjir di posko pengungsian GOR Toware, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (1/4/2019) siang.

Saat berdialog dengan pengungsi, sejumlah warga berharap segera mendapatkan kepastian tentang relokasi tempat tinggal mereka. Sebab, rumah yang mereka huni sebelumnya telah habis disapu banjir.

"Kita mau membangun kalau membangun di tempat yang lama tidak mungkin, memungkinkan karena akan terjadi bencana lagi, berulang lagi sehingga di lokasi di tempat yang dipastikan aman dari bencana," kata Presiden.

Sejauh ini, lokasi relokasi belum ditemukan. Namun, Presiden memastikan, pembangunan hunian segera dilaksanakan bila lokasi baru yang ditentukan telah ditemukan.

"Tanya ke Gubernur tanahnya kapan, baru tanya ke kita (pemerintah pusat) kapan membangunnya. Begitu tanah ada, langsung hari itu juga kita bangun," ucap dia.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan telah mengirim tim untuk meninjau lokasi tanah yang akan digunakan sebagai lokasi relokasi. Upaya negosiasi pun tengah dilakukan dengan pemilik lahan.

Ia berharap, lokasi relokasi berada di sepanjang jalan Jayapura menuju Wamena.

"Kalau dia sudah dapat tempatnya pasti kita akan kita bebaskan kemudian kita akan membangunnya. Tim sedang cari, mereka sudah dapat. Jadi pasti kami bebaskan," pungkas Lukas.

https://properti.kompas.com/read/2019/04/02/113000721/warga-terdampak-banjir-bandang-sentani-bakal-direlokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke