Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Basuki Anggap Manfaat MRT akan Maksimal Bila Semua Trase Dibangun

Sebab, panjang MRT Fase Pertama Selatan-Utara yang terbentang dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI baru mencapai 16 kilometer.

Kalaupun pembangunan trase lanjutan dari Bundaran HI-Kampung Bandan dimulai, penambahannya baru sepanjang delapan kilometer.

"Itu belum maksimal (karena) masih 24 kilometer. Nanti baru terasa manfaatnya kalau dari Kembangan sampai Bantar Gebang sudah dibangun," kata Basuki usai menjajal MRT, Rabu (13/3/2019).

PT MRT Jakarta sendiri berencana membangun lanjutan proyek MRT Timur-Barat. Melansir Harian Kompas, Basic Engineering Design untuk rute tersebut masih dikerjakan Kementerian Perhubungan dan diperkirakan selesai tahun ini.

Menurut rencana, rute ini akan terhubung mulai dari Ujung Menteng di Cakung hingga Kembangan, Jakarta Barat, sepanjang 27 kilometer.

Rute ini akan berpotongan dengan rute utara-selatan di dekat Sarinah, Jakarta Pusat.

Dengan beroperasinya seluruh trase MRT kelak, Basuki memperkirakan, dampaknya akan lebih terasa. Sebab, dengan demikian seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta telah tersambung MRT.

"Ini ibarat orang melihat apartemen dulu. Pasti dia tidak berpikir tinggal di apartemen, dan lebih memilih landed house. Sekarang dia akan melihat apartemen sebagai alternatif yang nyaman untuk dipilih," tutup Basuki.

https://properti.kompas.com/read/2019/03/13/190000421/basuki-anggap-manfaat-mrt-akan-maksimal-bila-semua-trase-dibangun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke