Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Denmark Bangun Lereng Ski Buatan

Ide untuk mengubah atap pusat pengolahan limbah ini datang dari firma Bjarke Ingels Group (BIG). Bahkan Time Magazine pernah memasukkan ide ini masuk ke dalam daftar 50 inovasi terbaik pada 2011.

Fasad bangunan dilapisi dengan alumunium yang nantinya dapat ditanami dengan tumbuhan hijau.

Sementara bagian lereng ski dilapisi dengan karpet khusus yang dapat memperlancar aktivitas bermain ski.

"Tidak ada yang pernah mengerjakan hal ini sebelumnya," ujar Project Manager Patrick Gustafsson.

Jika pembangunannya rampung, lereng yang dibuat sepanjang 400 meter tersebut akan membentang dari atas bangunan setinggi 90 meter. Pada bagian tengah lintasan terdapat belokan 180 derajat.

"Atapnya sangat curam, sbenarnya sangat curam untuk lereng ski. Atap ini memiliki kemiringan hingga 45 persen," ujar Gustafsson.

Selain itu, pusat pengolahan limbah ini akan dilengkapi dengan trek pendakian gunung, area pandang, serta arena panjat tebing setinggi 85 meter.

Bagi pengunjung yang tidak ingin terlibat dengan berbagai aktivtas tersebut, bisa menikmati taman yang dirancang oleh SLA Architects.

Meski baru terpasang separuh, namun perusahaan telah menguji coba tempat ini sebelum dibuka secara resmi pada Mei mendatang.

Pusat pengolahan limbah menjadi energi ini telah beroperasi sejak Maret 2017. Gedung ini dibangun untuk menggantikan bangunan lama fasilitas pengolahan limbah lama yang sudah beroperasi lebih dari 40 tahun.

https://properti.kompas.com/read/2019/02/19/115202421/denmark-bangun-lereng-ski-buatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke