Ajang penghargaan ini menampilkan desain dan karya masjid di negara-negara berpenduduk muslim.
Rancangan rumah ibadah Indonesia itu akan bersaing dengan 27 desain masjid dari seluruh dunia. Keempat masjid tersebut yakni:
Masjid Al Irsyad
Pembangunan masjid ini dimulai sejak 7 September 2009, lalu selesai dikerjakan dan diresmikan setahun kemudian, yaitu 27 Agustus 2010.
Bentuk utama masjid berkapasitas 1.000 orang ini dirancang mirip dengan kubus yang dianggap lebih efisien.
"Konsep awalnya sebenar ya menyederhanakan bangunan masjid sehingga benar-benar fungsional dan nyaman," ujar Principal Urbane Indonesia Reza A Nurtjahja, kepada Kompas.com, Rabu (14/2/2019).
Reza menuturkan, masjid biasanya dirancang secara tertutup, namun khusus untuk Al Irsyad, konsep bangunan sengaja dibuat terbuka.
Arah kiblat Masjid Al Irsyad diciptakan dengan konsep terbuka langsung menghadap ke pemandangan alam.
Sementara di sekeliling masjid terdapat banyak ventilasi terbuka sebagai alur masuk keluarnya udara.
"Kami membuat dinding yang bernafas, jadi dia punya pori-pori berlubang sehingga ada ventilasi alami yang masuk ke dalam bangunan," tutur Reza.
Sebelumnya desain masjid ini pernah terpilih sebagai salah satu dari lima bangunan Building of The Year 2010 dari National Frame Building Association dan Arch Daily Religious Building of the Year 2010.
Selain itu, ada pula penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 dari Building Construction Information (BCI) Asia yang menyebut masjid tersebut sebagai bangunan berkonsep ramah lingkungan.
Dengan luas area mencapai 6.000 meter persegi, Masjid Al Safar berkapasitas hingga 1.200 jamaah. Selain itu, fasilitas ibadah ini dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, tempat wudhu, taman dan kolam.
Sama seperti bentuk Masjid Al Iryad, tempat ibadah ini juga dirancang tanpa kubah. Keunikan bangunan ini terdapat pada bentuknya yang asimetris.
Bahkan banyak yang menyebut, desain bangunan ini mirip ikat kepala masyarakat Sunda.
"Kenapa bentuknya miring-miring, sebetulnya karena berada di dalam tol yang monoton gitu lurus saja. Nah kami ingin meletakkan si masjid ke arah depan dengan diagonal-diagonalnya sehingga mereduksi sedikit bentuk jalan tol," ujar Reza.
Selain itu, dalam rancangannya, tim Urbane juga memanfaatkan pemandangan perbukitan di sekitar bangunan.
Masjid Al Safar Km 88
Principal Architect : M Ridwan Kamil
Principal in Charge : Reza A Nurtjahja
Senior Project Architect : Ade Yudirianto
Urban Design Team : Ismail Reza, Adhitya D Kurniadilaga
Structure Engineer: Philip Danny Tjandra
MEP Engineer: Firman Hanafi
Desain masjid ini merupakan karya arsitek Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat.
"Desain gambar kerjanya dikerjakan oleh konsultan lain karena itu proyek pemerintah jadi langsung dari Pemda Sumbar-nya," ungkap Reza.
"Tim hanya diminta untuk meneruskan sebagai design advisor. Jadi gambar detailnya bukan oleh Urbane," lanjut Reza.
Untuk desain atap masjid, Reza menuturkan, bentuknya bukan semata-mata menduplikasi model atap bangunan lokal. Keunikan sebenarnya terdapat pada konsep cerita di belakangnya.
Model atap ini terinspirasi dari peristiwa peletakan batu Hajar Aswad oleh Nabi Muhammad, yang menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu.
Ketika itu, empat kabilah suku Quraisy berselisih pendapat mengenai siapa yang berhak memindahkan batu Hajar Aswad ke tempatnya semula.
Nabi Muhammad kemudian membentangkan selembar kain dan meletakkan batu tersebut, sehingga dapat diusung bersama oleh setiap perwakilan dengan memegang masing-masing setiap sudut kain.
"Jadi bentuknya seperti kain terus dibentangkan. Cerita filosofinya seperti itu, yang berarti ada keadilan dan tidak ada yang menang sendiri," ungkap Reza.
Competition Entry
Principal Architect : Rizal Muslimin
Design team: M Yuliansyah Akbar, Mulyana Diwangsa
Detail Engineering Design
Consultant: Penta Architecture
Design Advisor: Rizal Muslimin
Sementara gaya Jawa terlihat dari bentuk tanjungan di bawah kubah utama. Sedangkan pilar-pilar besar di dalam kompleks bangunan mengadopsi gaya Yunani.
Gerbang koloseum khas Eropa mengelilingi bagian depan masjid seolah menyambut wisatawan yang datang dengan kaligrafi bertuliskan surat Al-Mukmin 1-5.
Sedangkan jika dilihat dari sisi dalam gerbang, yang tertulis merupakan asmaul husna dan surah Al-Fatihah sebagai pembuka.
Di dalam gerbang yang melingkar itu, berdiri tegak ikon masjid ini yang identik dengan Masjid Nabawi di Madinah, yaitu enam payung raksasa lengkap dengan pelataran masjid yang luas. Rumah ibadah ini dirancang oleh Ahmad Fanani dari PT Atelier Enam Jakarta.
https://properti.kompas.com/read/2019/02/14/160000521/mengintip-4-masjid-indonesia-finalis-abdullatif-al-fozan-award-