Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Ini, Kita Bisa Menyaksikan 12 Bangunan Paling Unik di Dunia

KOMPAS.com – Sejumlah bangunan unik dan penting di dunia yang dirancang oleh perusahaan arsitektur berskala internasional akan selesai pembangunannya dan segera dibuka pada 2019.

Salah satu di antaranya adalah karya Zaha Hadid, yaitu bandara baru di Beijing. Selain itu, ada pula museum budaya M + di Hongkong. Berikut ini karya selengkapnya:

Bandara baru di Beijing, China

Pada tahun ini Kota Beijing akan membuka bandara baru, yang dirancang oleh almarhumah Zaha Hadid bekerja sama dengan ADPI, perusahaan arsitektur berbasis di Perancis, sebagai terminal penumpang terbesar di dunia.

Terletak di seberang ibu kota China, bandara bertaraf internasional bernama Beijing Daxing International Airport itu diperkirakan bisa menampung 45 juta penumpang setiap tahun.

M +, Hongkong

Setelah melalui banyak persiapan, akhirnya sebuah museum baru di Hongkong akan dibuka pada tahun 2019.

Masyarakat bisa menikmati pembukaan M + yang didedikasikan untuk bidang seni, desain, arsitektur, dan film.

Museum ini dirancang oleh Herzog and de Meuron menjadi salah satu museum budaya visual terbesar di dunia, dan diklaim sebagai bangunan unik yang menempatkan Asia sebagai fokus desain.

111 West 57th, Amerika Serikat

Salah satu gedung pencakar langit baru yang mengesankan ini akan selesai pada 2019 dan didesain bermitra dengan SHoP Architects sebagai pencakar langit paling kurus di dunia.

Bangunan ini didirikan di lokasi yang disebut Billionaire's Row di Manhattan, tepatnya di 11 West 57th, yang menawarkan pemandangan Central Park dan seluruh wilayah Kota Manhattan.

Panda House, Denmark

Proyek yang akan rampang pada tahun ini dinilai sebagai salah satu tempat yang menyenangkan karena merupakan kandang panda baru di kebun binatang Kopenhagen, Denmark.

Bjarke Ingels Group (BIG) merupakan firma arsitektur yang mendesain strukturnya berbentuk yin-yang dan menciptakan gabungan antara ruang tertutup dan terbuka yang mencakup hutan bambu dan hutan "berkabut".

Area bermain anak-anak, China

Arena bermain dengan aneka warna ini akan menjadi atap bagi taman kanak-kanak di Beijing. Desainnya dirancang oleh MAD, perusahaan arsitektur di kota tersebut.

Luasnya ruang bermain akan memberi kebebasan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi imajinasi mereka, sesuatu yang tidak mudah ditemukan di salah satu kota besar di dunia itu.

Tainan Axis, Taiwan

Proyek besar yang dirancang oleh MVRDV, firma arsitektur dan perancangan kota yang berbasis di Rotterdam, ini akan menjadikan pusat perbelanjaan yang sebelumnya telantar dan digantikan dengan taman berbentuk cekung, danau, jalan setapak, pepohonan, dan pantai.

Sisa-sisa struktur beton yang lama, termasuk kolom berpenampang persegi, akan dibiarkan sebagai bukti sejarah situs yang pernah terbengkalai.

Museum Kistefos, Norwegia

BIG juga menangani proyek lain yang merupakan galeri seni baru di Taman Patung Kistefos, dekat Kota Oslo, Norwegia.

Bangunan ini digambarkan oleh Bjarke Ingels, arsitek pendiri studio BIG, sebagai "jembatan yang dapat dihuni", karena berbentuk galeri yang terletak di atas sungai.

Vessel, Amerika Serikat

Menara ini terbuat dari 154 anak tangga sebagai daya tarik wisata baru dalam pengembangan Hudson Yards di Manhattan West Side.

Menurut desainer Thomas Heatherwick dari Heatherwick Studio, struktur bangunannya seperti sarang lebah yang menawarkan pandangan dan perspektif baru kepada para pengunjung.

The Shed, Amerika Serikat

Satu bangunan lagi akan hadir di West Side Manhattan, yaitu The Shed, yang akan menjadi tempat pameran budaya.

Karya rancangan studio desain Diller Scofidio + Renfro dan Rockwell Group itu akan menyediakan ruang pameran, pertunjukan, dan area untuk menggelar berbagai acara seni.

OMA, lembaga arsitektur Belanda yang berpusat di Rotterdam, sedang menindaklanjuti kompleks De Rotterdam yang telah populer dengan proyek serupa di Amsterdam.

Hotel ini berbentuk segitiga yang disusun berlapis tiga. Nantinya akan ada 650 kamar, bangunan ini akan menjadi hotel yang terbesar di Belanda.

Hunter's Point Library, Amerika Serikat

Salah satu proyek yang tidak biasa segera diselesaikan tahun ini, yakni perpustakaan di Queens, New York. Di bangunan ini akan terlihat jendela-jendela besar yang posisiya tidak beraturan.

Menurut arsitek Steven Holl, gedung perpustakaan ini dirancang sebagai salah satu ruang publik di kota tersebut.

Perspektivenweg, Austria

Snøhetta, perusahaan arsitektur internasional yang berpusat di Oslo, Norwegia,  tahun ini akan menyelesaikan rangkaian instalasi di pegunungan di sekitar Innsbruck, Austria.

Bangunan yang terletak di ketinggian ini menawarkan area untuk bisa memandang kota di bawahnya dan bisa menjadi tempat istirahat bagi para pejalan kaki.

https://properti.kompas.com/read/2019/01/07/153000321/tahun-ini-kita-bisa-menyaksikan-12-bangunan-paling-unik-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke