Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waskita Siapkan Belanja Modal Rp 25,3 Triliun

Mayoritas belanja modal akan digunakan untuk mendanai proyek tol yang kini sedang dalam proses tender.

"Alokasi terbesar untuk jalan tol itu sekitar 78,9 persen," kata Direktur Keuangan Haris Gunawan di Jakarta, Jumat (4/1/2018).

Untuk diketahui, ada beberapa proyek tol yang kini tengah diincar Waskita, seperti Tol Semarang-Demak, Tol Bawen-Yogyakarta, serta Jembatan Tol Penajam-Passer Utara di Kalimantan Timur.

Adapun kebutuhan investasi Tol Semarang-Demak sepanjang 25 kilometer sekitar Rp 16 triliun. Sementara, investasi untuk Jembatan Tol Penajam-Passer Utara sepanjang 7,6 kilometer sekitar Rp 11,6 triliun.

Sedangkan, investasi Tol Bawen-Yogyakarta yang dirancang sepanjang 71 kilometer diperkirakan mencapai Rp 12,13 triliun.

Selain tol, ada beberapa proyek lain yang juga mendapat alokasi belanja modal untuk digarap seperti energi (4,3 persen), pembelian alat konstruksi (9 persen), precast (3,6 persen) dan properti (4 persen).

"Karena tahun ini kita target pembangunan beberapa tol. Kita tidak bisa menyebutkan karena dalam proses bidding," ujar Haris.

Khusus untuk properti, Direktur Utama PT Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, perusahaan berencana mengembangkan kawasan skala kota seluas 100 hektar di sepanjang Tol Cilincing-Cibitung.

Namun, realisasi rencana tersebut juga akan mempertimbangkan kondisi properti pada tahun ini. Mengingat, saat ini tengah memasuki tahun politik.

"Mudah-mudahan pasar properti mulai membaik," ujarnya.

https://properti.kompas.com/read/2019/01/04/210000821/waskita-siapkan-belanja-modal-rp-25-3-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke