Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengagumi Masjid Terapung Palu Sebelum Diterjang Tsunami

Dalam video amatir yang dirilis Kompas TV, tampak pohon-pohon tumbang di sekitar area masjid. Selain itu banyak barang yang juga tersapu oleh gelombang tsunami ke sekitar perairan.

Masjid yang menjadi salah satu tempat wisata religi di Kota Palu ini dibangun di dekat Pantai Taman Ria, Kampung Lere. Taman Ria merupakan salah satu obyek wisata di Kota Palu yang membentang sekitar 5 kilometer.

Tak hanya masjid terapung, di dekat tempat ini juga berdiri megah jembatan Teluk Palu yang juga menjadi ikon dari kawasan ini.

Pembangunan masjid seluruhnya ditanggung oleh Muhammad Hasan Bajamal, yang merupakan pengusaha SPBU asli Palu. Masjid Arkham Babu Rahman selesai dibangun pada tahun 2011.

Masjid ini dibangun dengan empat menara dan berjarak sekitar 30 meter dari bibir pantai. Sekilas, bangunan masjid terlihat mengapung di atas air laut.

Ini karena bangunan masjid berdiri di atas tiang-tiang pancang yang tertancap oleh pilar di dalam tanah.

Bangunan tempat ibadah ini memiliki luas 121 meter persegi dan dapat menampung jamaah hingga 150 orang.

Masjid ini menjadi salah satu ikon dari Teluk Palu, dan dibangun untuk mengenang Dato Karama, salah satu penyebar agama Islam di Kota Palu pada abad ke-17.

Namanya sendiri sudah diabadikan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam di Palu.

Diceritakan, Dato Karama merupakan seorang penyebar agama dari Tanah Minang, Sumatera. Dia menginjakkan kaki pertama kali di Kampung Lere atau di sekitar lokasi masjid berada.

https://properti.kompas.com/read/2018/09/29/180000221/mengagumi-masjid-terapung-palu-sebelum-diterjang-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke