Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Populer: Peresmian Tol Desari dan Bangun Risha Cuma Rp 27 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi yang mengisi berita populer di kanal Properti Kompas.com pada Rabu (26/9/2018) cukup bervariasi. 

Mulai dari kabar tentang peresmian Jalan Tol Depok-Antasari pada Kamis ini oleh Presiden Joko Widodo, biaya pembangunan rumah instan sederhana sehat (risha), hingga desain rumah ala Skandinavia.

Berikut ini daftar berita populer selengkapnya:

1. Presiden resmikan tol Depok-Antasari pada Kamis ini

Konstruksi Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi I yang menghubungkan Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer telah rampung.

Setelah melewati proses uji laik operasi, jalan tol ini rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (27/9/2018).

“Iya rencananya (besok). Malam rencananya,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna kepada Kompas.com, Rabu (26/9/2018).

Setelah diresmikan, jalan tol ini akan dibuka gratis selama sepekan sebelum tarif berlaku. Kendati demikian, Herry masih menutup rapat informasi terkait tarif yang akan diberlakukan.

Berita selengkapnya: Kamis Besok, Presiden Resmikan Tol Depok-Antasari

2. Bangun risha tipe 36 hanya Rp 27 juta 

Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menciptakan rumah instan sederhana sehat (risha) yang bisa menjadi solusi alternatif rumah layak huni dengan harga terjangkau.

Sesuai dengan namanya, rumah ini dirancang menggunakan material yang praktis dan mudah dikerjakan.

"Ini rumah yang simpel, pengerjaannya bisa dilakukan oleh siapa pun," ujar Kepala Seksi Balitbang Tata Bangunan dan Lingkungan Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Balitbang, Kementerian PUPR Muhajirin, di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Berita selengkapnya: Cuma Rp 27 Juta, Anda Bisa Bangun Rumah Risha Tipe 36

3. Rumah ala Skandinavian buat pengembang raup banyak penjualan 

Meski kondisi ekonomi kurang baik dan pasar properti masih lesu, minat masyarakat untuk membeli hunian tapak rupanya masih cukup tinggi, terutama rumah yang menawarkan model khas dengan harga terjangkau.

Seperti di Citayam. Salah satu pengembang di kawasan ini, Young & Loud Development, sengaja membidik kalangan milenial dengan hunian berkonsep skandinavian pada proyek Samasta Citayam 2.

"Banyak yang tertarik dengan model rumah seperti ini," kata tenaga marketing proyek tersebut, Asep, kepada Kompas.com, Rabu (26/9/2018).

Berita selengkapnya: Pengembang Ini Raup Penjualan Berkat Rumah ala Skandinavian

4. BPJT sarankan lewat jalan biasa jika tarif baru Tol JORR dirasa mahal

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna menyarankan pengguna kendaraan yang merasa keberatan dengan tarif baru Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) agar menggunakan jalan utama.

Menurut dia, jalan tol merupakan jalan nasional yang bersifat alternatif yang diperuntukkan bagi kendaraan primer, seperti masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh dan angkutan logistik.

"Nah, silakan bagi yang merasa kenaikan ini terlalu mahal, gunakan jalan non-tol. Dan tentu yang jarak-jarak pendek ya. Dengan alternatifnya baik, rasanya lebih baik tidak pakai tol," kata Herry dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Berita selengkapnya: Tarif Baru Tol JORR Dirasa Mahal, BPJT: Silakan Lewat Jalan Biasa

5. Daftar rumah murah cicilan kurang dari Rp 1 juta

Cicilan bulanan menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam membeli hunian secara kredit. Tentunya, tak sedikit masyarakat yang berharap mendapatkan hunian impian dengan harga terjangkau dan cicilan ringan.

Namun, bila kondisi keuangan tidak cukup baik, sementara pada saat yang sama Anda membutuhkan hunian, cara terbaik yaitu mencari hunian sesuai kantong.

Simak beberapa pilihan hunian dengan cicilan bulanan di bawah Rp 1 juta yang dirangkum Kompas.com dari ajang Indonesia Property Expo 2018.

Berita selengkapnya: Rumah Murah Cicilan Kurang dari Rp 1 Juta, di Sini Daftarnya...

https://properti.kompas.com/read/2018/09/27/090000821/berita-populer--peresmian-tol-desari-dan-bangun-risha-cuma-rp-27-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke