Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terkesan dengan Konsep Ridwan Kamil, ADB Siap Bantu Jabar

Dalam pertemuan itu, ADB tertarik membantu pendanaan sejumlah proyek strategis di Jawa Barat (Jabar), khususnya bidang infrastruktur.

"ADB sangat bersemangat datang kepala perwakilan indonesianya. Rencananya spesial akan mengundang seluruh direktur sedunianya ke Jabar tanggal 17-18 Oktober 2018. Kedatangannya ingin mendengarkan kebutuhan infrastruktur yang akan kami kerjakan selama lima tahun," tutur Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Secara teknis, kata Emil, masalah pembangunan infrastruktur konektivitas transportasi akan jadi proyek prioritas di Jabar. Seperti pembangunan jalan tol, jalur kereta, pelabuhan, dan bandara.

"Caranya seperti apa opsinya tiga, dapat pinjaman langsung seperti kita pinjam ke bank atau lewat BUMD, kasih pinjam ke PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang merupakan BUMN atau lewat PT Adhi Karya (Persero) Tbk," ungkapnya.

"Kalau di negeri lain, ADB itu boleh memberi pinjaman ke pemerintah daerah. Sementara di Indonesia pinjaman ADB hanya sampai ke pemerintah pusat," tambahnya.

Emil menjelaskan, butuh waktu lama untuk mewujudkan mimpi besar Jabar jika hanya mengandalkan APBD.

"Kami meyakini kalau pakai pola konvensional, APBD yang cuma segitu-gitunya mimpinya sangat lambat. Saya ingin 'Ngabret', istilahnya ngabret saya itu dengan merekayasa cara pendanaan pembangunan," paparnya.

Winfried Wicklein menambahkan, dari hasil paparan Ridwan Kamil ada sejumlah program yang berpotensi dikerjasamakan.

"Kami menemukan beberapa bidang minat yang umum kami dapat bekerja bersama. Fokusnya yang kuat di bidang infrastruktur dan infrastruktur transportasi yang terhubung. Kami sangat setuju ini penting untuk menumbuhkan perekonomian di Jabar," katanya.

Winfried pun mengaku sangat tertarik dengan visi misi Ridwan Kamil untuk Jabar, dan berniat kembali datang pada Oktober 2018 untuk melakukan pembahasan lebih rinci.

"Jadi kami berharap dapat kembali, pada kenyataannya kami berencana untuk kembali bulan depan, Oktober, untuk mengambil diskusi lebih lanjut," jelasnya. 

https://properti.kompas.com/read/2018/09/21/213838221/terkesan-dengan-konsep-ridwan-kamil-adb-siap-bantu-jabar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke