Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Tampilan Risha yang Dikritik Fahri Hamzah

Menurut dia, saat ini ada anggapan, bahwa anggaran yang disalurkan pemerintah untuk membangun Risha ditahan sementara waktu, karena ada informasi terkait hadirnya pemasok (supplier) dan kontraktor.

"Padahal keinginan kuat di lapangan, masyarakat ingin membangun rumah sendiri dengan puing-puing yang ada," kata Fahri saat rapat konsultasi tindak lanjut penanganan gempa bumi NTB di Kompleks Parlemen, Senin (10/9/2018).

Kenyataannya, pemerintah sudah mulai membangun kembali rumah-rumah rusak milik warga secara bertahap.

Data yang dirilis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, 31.991 unit rumah terverifikasi rusak berat.

Dari jumlah tersebut, 20.546 unit di antaranya terdapat di Pulau Lombok dan sudah ditetapkan melalui SK bupati.

Sementara, 2.477 unit di Pulau Sumbawa dan masih dalam proses pendataan serta pembuatan SK bupati.

Saat ini, penerapan teknologi Risha di 19 lokasi sudah selesai. Selain difungsikan sebagai rumah, juga ada yang digunakan sebagai kantor polsek dan mushola.

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah merehabilitasi rumah rusak akibat gempa dengan konsep Risha di Desa Karang Bajo dan Desa Akar-Akar Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Bangunan yang telah berdiri sejak 10 tahun terakhir itu tetap berdiri kokoh meski diguncang gempa bermagnitudo 7 yang lalu.

Guna mempercepat rehabilitasi rumah-rumah rusak, Basuki mengatakan, Kementerian PUPR menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin) NTB untuk membuka delapan depo material konstruksi di lima kecamata yakni Pemenang, Tanjung, Kayangan, Bayan dan Gangga.

Depo tersebut menyediakan material konstruksi seperti semen, pasir, rangka baja, dan pipa paralon dalam jumlah cukup dan harga terjangkau.

Anggaran tersebut akan disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke rekening masyarakat untuk kemudian dibelanjakan material yang mendukung konstruksi Risha.

"Jadi yang dengan Risha itu hanya strukturnya, dindingnya bisa dari kayu, bisa dari batu bata yang ditentukan sendiri oleh masyarakat," imbuh Basuki.

https://properti.kompas.com/read/2018/09/11/123431121/begini-tampilan-risha-yang-dikritik-fahri-hamzah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke