Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Menarik: Megaproyek Dubai dan Konstruksi Tol Trans-Kalimantan

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai pembangunan kembali megaproyek Bawadi di Dubai, Uni Emirat Arab, setelah mangkrak selama lebih dari satu dekade menjadi salah satu berita populer di kanal Properti Kompas.com, Selasa (14/8/2018).

Berita lain yang tak kalah menarik yaitu konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda yang menghubungkan dua kota penting di Kalimantan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Berikut ini berita selengkapnya:

1. Cara efektif kumpulkan uang muka

Untuk membeli sebuah rumah, biasanya pengembang akan mewajibkan calon pembeli untuk menyiapkan uang muka dalam jumlah tertentu.

Bagi sebagian orang, menyiapkan uang muka adalah hal yang sulit. Meski mereka memiliki kemampuan untuk mencicil, namun menabung dalam jumlah besar dalam kurun waktu tertentu memiliki godaan tersendiri.

Lantas, bagaimana cara paling baik untuk mengumpulkan uang muka rumah?

Berita selengkapnya: 5 Cara Efektif Mengumpulkan Uang DP Rumah

2. Interior pesawat terpanjang ini sangat mewah

Airlander 10 yang dikembangkan Hybrid Air Vehicles (HAV) menjadi pesawat helium hibrida terpanjang saat ini.

Namun, kelebihannya bukan hanya sekadar pada ukurannya. Airlander 10 memiliki interior mewah bak hotel mewah atau kapal pesiar. Ada beberapa suit mewah di dalamnya yang mampu menampung sekitar 19 penumpang.

Anda harus menjadi orang yang benar-benar beruntung, dalam arti kaya raya, untuk bisa menaiki pesawat yang bisa terbang hingga ketinggian 16.000 kaki ini.

Di samping itu, Anda juga harus mengumpulkan cukup keberanian untuk menaikinya.

Berita selengkapnya: Intip Interior Pesawat Terpanjang Airlander 10

3. Sempat mangkrak, megaproyek di Dubai dilanjutkan kembali 

Dubai Holding akan menghidupkan kembali resor Bawadi di Dubai, Uni Emirat Arab, setelah mangkrak selama lebih dari satu dekade.

Seperti dilaporkan Emirates 24|7, nantinya kawasan itu bakal dikembangkan menjadi perhotelan dan wahana rekreasi terbesar di dunia.

"Proyek Bawadi merupakan usaha patungan antara Dubai Holding dan Emaar. Saat ini pembangunannya dalam tahap awal dan setiap perkembangan akan dikomunikasikan kemudian," kata Chief Executive Officer Dubai Holding Fadel Al Ali.

Resor ini diluncurkan pada Oktober 2007, namun dalam pembangunannya tak kunjung menampakkan progres akibat terdampak krisis keuangan global.

Berita selengkapnya: Mangkrak Satu Dekade, Proyek Jumbo 10 Kilometer Dilanjutkan Kembali

4. Konstruksi bakal Tol Trans-Kalimantan baru 65,25 persen

Perlahan tapi pasti, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) menyelesaikan pekerjaan konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda. Jalan tol sepanjang 99,35 kilometer itu ditargetkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2018.

Saat ini, pekerjaan konstruksi untuk kelima seksi baru mencapai 65,25 persen. Meski demikian, proses pembebasan lahnnya telah mencapai 95,47 persen.

Dari lima seksi yang dibangun, dua di antaranya dibangun menggunakan skema pendanaan Viability Gap Fund (VGF), yaitu untuk Seksi 1 dari Km 13-Samboja (21,95 km) dan Seksi 5 dari Km 13 Balikpapan-Bandara Sepinggan (11,09 km).

Adapun tiga seksi lainnya yaitu dari Samboja hingga Samarinda sepanjang 65,82 km dibangun dengan menggunakan skema investasi.

Berita selengkapnya: Konstruksi Cikal Bakal Tol Trans Kalimantan Baru 65,25 Persen

5. Mal terbesar di dunia akan hadir di Dubai 

Dubai kembali membuktikan diri sebagai pusat rekreasi dan wisata sensasional, termahal, termegah, terluas, dan terbesar.

Ini dibuktikan dengan akan hadirnya mal besar yang menjadi bagian dari kawasan Dubai Creek Harbour. Kawasan ini juga menjadi tempat bagi Chinatown terbesar di Timur Tengah.

Mal yang akan dinamai Dubai Square ini merupakan proyek jumbo yang menghabiskan dana hingga 2 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 29,3 triliun.

Pusat belanja ini akan menjadi ruang ritel terbesar di dunia dengan luas lebih dari 7,4 juta meter persegi atau sama dengan luas 100 lapangan sepak bola.

Berita selengkapnya: Kembali Bikin Sensasi, Dubai Bangun Mal Terbesar di Dunia

https://properti.kompas.com/read/2018/08/15/082520721/berita-menarik-megaproyek-dubai-dan-konstruksi-tol-trans-kalimantan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke