Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Elemen Penting di Taman Bergaya Jepang

Namun jika masuk ke dalam, baru terlihat perbedaannya. Meski eksterior terlihat hampir sama persis, namun interior setiap rumah berbeda sesuai selera si pemilik.

Ini karena masyarakat Jepang memiliki tradisi untuk mengeluarkan ekspresinya ke dalam dan bukan untuk dipamerkan ke luar.

Namun satu hal yang menjadi favorit hingga kini adalah taman tradisional Jepang yang ikonik. Berbeda dengan taman di Eropa yang meliputi daerah luas dan datar serta memiliki bentuk geometris, taman di Jepang umumnya berukuran kecil dan berbentuk tiga dimensi.

Taman Jepang

Ide membuat taman unik ini berasal dari periode Asuka (538-710). Para pedagang dari Jepang melihat contoh taman di China dan terpesona.

Mereka kemudian membawa para teknik berkebun dan membuat taman dari China ke kampung halamannya.

Hingga kini, gaya taman ala Jepang menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Taman Jepang berbeda dengan taman kebanyakan yang penuh dengan bunga. Sebaliknya, taman-taman tersebut ditumbuhi dengan tanaman budi daya.

Gaya taman ini juga dipengaruhi dari agama Shinto mengenai penciptaan pulau sempurna dan cerita tentang shinchi atau sungai para dewa.

Elemen yang harus ada dalam taman Jepang

Namun di dalam taman mungil inilah, masyarakat Jepang mencoba memasukkan seluruh unsur alam, seperti gunung, air terjun, hutan, sawah, hingga sungai.

Untuk gunung, orang Jepang menggunakan batu sebagai simbol.

Sementara air diwakili oleh kolam kecil atau saluran yang masuk ke dalam taman lewat bilah-bilah bambu.

Air terjun merupakan satu elemen penting jika ingin membuat taman bergaya Jepang dan tidak boleh dibuat secara sembarangan.

Dalam arsitektur taman tradisional, air terjun terbagi menjadi tujuh tingkatan atau level yang disebut Sakuteiki. Tiap tingkatan harus menghadap ke arah bulan dan didesain untuk menangkap bayangan bulan di air.

Jangan lupakan batu kerikil. Dalam kepercayaan kuno Jepang, pasir dan batu kerikil digunakan di tempat suci agama Shinto dan juga kuil Buddha.

Satu hal yang menjadi ciri khas taman Jepang adalah adanya jembatan di setiap taman, baik taman dengan ukuran besar maupun taman kecil.

Jembatan ini dapat dibuat bari batu, kayu, atau kayu gelondongan dengan tanah di atasnya.

Kolam dalam taman Jepang juga selalu dipenuhi oleh ikan, khususnya koi dan ikan emas. Penggunaan ikan ini berasal dari tradisi China yang juga mengembangkan ikan koi dan ikan emas.

Di dalam taman berukuran besar, ada sedikit ornamen seperti lentera dari batu atau logam. Selain itu ada pula bak utuk menampung air.

Bak ini digunakan untuk membersihkan tangan dan mulut sebelum mengawali upacara minum teh.

Biasanya taman juga memiliki sebuah pulau kecil buatan di tengah danau. Pulau kecil ini dibuat dari batu-batu bergerigi dan pohon cemara.

https://properti.kompas.com/read/2018/08/03/170424921/perhatikan-elemen-penting-di-taman-bergaya-jepang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke