Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Delapan Elevator Ini Benar-benar di Luar Nalar

Umumnya, elevator bentuk vertikal. Fungsinya satu, membantu pengunjung untuk dapat lebih mudah ketika naik atau turun dari lantai satu ke lantai yang lain.

Namun di beberapa negara, aturan bentuk elevator terpatahkan. Fungsinya pun tak hanya memudahkan pengunjung naik turun, tetapi juga mempercantik estetika ruangan.

Dilansir dari Architectural Digest, setidaknya ada delapan elevator yang cukup ekstrim, bahkan di luar nalar.

Keajaiban teknik membuktikan bahwa menekan tombol lebih baik dari pada berjalan menyusuri tangga.

Berikut selengkapnya:

1. Bailong Elevator

Di negara asalnya, China, lift ini lebih dikenal sebagai Hundred Dragons Elevator, karena letaknya yang berada di sepanajng pegunungan batuan Zhangjiajie di Provinsi Hunan.

Layaknya lift kaca Willy Wonka, lift ini dapat melakukan perjalanan dalam waktu kurang dari dua menit, sembari menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Dibangun selama lima tahun, lift ini menelan biaya sebesar 20 juta dollar AS.

2. AquaDom Elevator

Lift ini terletak di dalam sebuah akuarium berbentuk silinder setinggi 82 kaki atau sekitar 24,9 meter.

Berada di Sea Life Center Berlin, Jerman, saat beroperasi lift ini tidak pernah menyentuh air. Meskipun letaknya yang berada di dalam akuarium.

Di dalam akuarium tersebut terdapat 1.500 ikan dari 97 spesies berbeda. Lift yang dibangun pada 2004 lalu itu menelan biaya hingga 17,4 juta dollar AS.

3. Mercedes-Benz Museum Elevator

Tak hanya mobil berbentuk ramping, Musium Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman juga memiliki lift unik layaknya kapsul.

Bak film fiksi ilmiah, siapa pun yang menaiki lift ini, tentu akan merasakan sebuah pengalaman berbeda. Berdiri di dalam sebuah polong logam, yang menempel pada dinding beton.

Sebuah perjalanan spektakuler, manakala bila dilakukan sembari menatap pada sebuah jendela persegi panjang kecilnya.

4. Santa Justa Lift

Di jantung Kota Lisbon, Portugal, lift yang juga dikenal sebagai Carmo Lift ini merupakan simbol industri kota di masa lalu.

Terjepit di antara bangunan abad pertengahan, lift ini memiliki desain neo-gothic klasik dengan bagian sisi yang didekorasi motif bunga.

Lift setinggi 147 kaki atau setara 44,8 meter ini dapat dijumpai di Jalan Santa Justa.

5. Louvre Elevator

Terletak di jantung sebuah tangga berliku, lift tanpa atap ini merupakan sebuah karya seni.

Memiliki sistem hidrolik, tak kurang dari 10 orang penumpang dapat diangkut dalam sekali perjalanan dari lantai bawah ke atas, sembari menikmati pemandangan lobi Musium Louvre yang terkenal.

6. A'DAM Toren

Sebuah bangunan yang menjulang setinggi 22 lantai di Pulau Noord, Amsterdam, menawarkan lift dengan pemandangan menakjubkan.

Dirancang oleh tim kreatif dari The Store Twins, elevator persegi ini tidak akan memberikan momen canggung kepada penumpangnya.

Sebab, lampu neon yang berkerlap-kerlip tersinkronisasi dengan musik, sehingga menyita perhatian siapa saja yang ada di dalamnya.

7. Lacerda Elevator

Lift ini berada di sebuah bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1873 yang menghadap ke sebuah pelabuhan di Kota Bahia, Brazil.

Memiliki tinggi 27 kaki atau setara 8,2 meter, lift ini menawarkan keindahan pemandangan kota yang menakjubkan dan bersinar di malam hari dengan aneka warna, sehingga menyoroti arsitektur Art Deco-nya.

8. Hammetschwand Elevator

Di Pegunungan Alpen Swiss, terdapat sebuah lift yang bertugas untuk mengantarkan para tamu menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Lift kecil berbentuk segi empat ini awalnya dirancang pada 1905. Kemudian, rancangan itu diperbaiki sebanyak dua kali untuk mempercepat roda giginya.

Meski hanya dapat mengangkut selusin orang dalam sekali perjalanan, biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan lift ini mencapai 14,8 juta dollar AS.

Selain gunung, danau terbesar keempat di Swiss, Lucerne, juga menjadi salah satu pemandangan yang ada di bawahnya.

https://properti.kompas.com/read/2018/08/02/133000821/delapan-elevator-ini-benar-benar-di-luar-nalar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke