Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diminta Jokowi Tidak Jual Starbucks dan McD, TMJ Evaluasi 7 Rest Area

Direktur Operasional dan Teknik PT TMJ Ali Zaenal Abidin mengatakan, total jumlah rest area di sepanjang jalan tol Semarang-Solo rencananya ada 8 titik.

Namun hingga saat ini, baru satu rest area  yang beroperasi, yakni di KM 429 yang dulu dikenal dengan KM 22 di ruas Semarang-Solo.

Sedangkan tujuh rest area lainnya belum dibangun karena PT TMJ belum mendapatkan investor.

Ali mengakui, perlu mengevaluasi kembali business plan dengan pengelola rest area KM 429 untuk mengakomodasi produk-prosuk UMKM seperti diminta Presiden.

"Business plan-nya kan sudah disepakati, jadi ke depan terkait apa yang diminta Pak Jokowi akan dievaluasi kembali," kata Ali, Kamis (19/7/2018) malam.

"Sebetulnya sudah ada dulu dari Kementerian Perekonomian meminta paling tidak 30 persen dari peritel adalah pelaku UMKM, jadi tidak seluruhnya," tambah Ali.

"Nanti total ada 8 rest area, tipe A dan tipe B. Yang 7 nanti akan kita evaluasi untuk permintaan pak Presiden," ujar Ali.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Tol Kartasura-Sragen, Minggu (15/7/2018) pagi, menekankan, jangan sampai rest area yang menjadi salah satu pusat perekonomian justru diisi oleh merek-merek asing.

Rest area atau tempat istirahat yang terdapat di sepanjang jalan tol harus bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan usaha masyarakat.

"Saya minta di setiap rest area jualannya bukan McD, bukan Kentucky, bukan Starbucks, harus mulai diganti sate, soto, tahu guling, gudeg,” kata Presiden.

Tak hanya makanan dan minuman, sejumlah hasil kerajinan tangan serta batik diharapkan juga dapat dijual di sana.

“Kalau minum ya jangan Starbucks, wedang ronde bisa di rest area. Bukan Starbucks dan lain-lain. Ini harus kita mulai. Jangan sampai ada suara-suara, ‘Pak telur asin omsetnya anjlok’,” ujarnya.

Nanti kalau sudah ada di rest area kan beda lagi, segera dicarikan tanah, saya enggak tahu kerja samanya dengan BUMN seperti apa, tapi buat saya jangan sampai merasa ada yang ditinggal dengan pembangunan ini,” tuntas Jokowi.

https://properti.kompas.com/read/2018/07/20/120000521/diminta-jokowi-tidak-jual-starbucks-dan-mcd-tmj-evaluasi-7-rest-area

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke