Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Menarik: Polemik 6 Tol Dalam Kota Jakarta dan Jalur Solo-Sragen

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono soal pengambilalihan proyek enam tol dalam kota Jakarta menjadi berita yang paling menarik dibaca di kanal Properti Kompas.com, Minggu (15/7/2018).

Selain itu, peresmian Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen oleh Presiden Joko Widodo pada hari Minggu kemarin juga menyita banyak perhatian pembaca.

Berikut ini daftar berita menarik selengkapnya:

1. Menteri Basuki bantah ambil alih 6 tol dalam kota Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membantah telah mengambil alih proyek enam tol dalam kota Jakarta seperti yang dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kalau urusan tol pasti urusannya dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pasti dengan Kementerian PUPR. Enggak ada saya ambil alih, memang urusannya begitu," tegas Basuki menjawab Kompas.com, sebelum peresmian Jakabaring Sport City Center, di Palembang, Sabtu (14/7/2018).

Basuki menuturkan, proyek enam tol dalam kota yang dimaksud masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), sejak diusulkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya dan sudah dilakukan penandatangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada 2014 silam.

Berita selengkapnya: Basuki Bantah Anies Soal Pengambilalihan 6 Tol Dalam Kota Jakarta

2. Atlet Zohri dapat rumah baru tipe 36 meter persegi 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah siap membangun rumah baru untuk Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 meter usia di bawah 20 tahun.

Selain membangun rumah baru, Basuki memastikan bahwa rumah keluarga Zohri pun akan direnovasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya apresiasi terhadap Zohri.

Rumah baru yang akan dibangun berukuran 36 meter persegi, dua kamar tidur dengan lahan yang disediakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Rumah barunya tipe 36,” kata Basuki menjawab Kompas.com, di Palembang, Sabtu (14/7/2018).

Berita selengkapnya: Rumah Baru untuk Zohri Tipe 36 Meter Persegi

3. Masalah dalam pembangunan Tol Cijago 

Pembangunan jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 2 yang terdiri dari 2A dan 2B hingga saat ini sudah mencapai 90 persen.

Namun, dalam pengerjaannya ada masalah yang dihadapi oleh PT Translingkar Kita Jaya bekerja sama dengan PT Hutama Karya selaku kontraktor pelaksana.

Masalah itu berupa pembebasan lahan yang akan digunakan untuk sisa jalan sepanjang 500 meter.

“Ada lokasi yang belum diselesaikan di Depok, dekat Margonda dan Juanda. Tinggal 500 meter lagi,” ucap Direktur Teknik dan Operasi PT Hutama Karya Infrastruktur I Wayan Mandia kepada Kompas.com, Sabtu (14/7/2018).

Berita selengkapnya: Pembangunan Tol Cijago Terganjal Lahan 500 Meter

4. Perjalanan Solo-Sragen cuma setengah jam lewat tol ini

Jika sebagian ruas Jalan Tol Solo-Ngawi beroperasi, diyakini dapat mengurangi beban arus lalu lintas di jalur arteri Kota Solo.  

Selama ini, kendaraan baik yang berasal dari Semarang maupun Yogyakarta, harus melalui jalur arteri terlebih dahulu bila ingin menuju ke arah Sragen.  

"Solo ini kan tidak punya ring road ya, sehingga semua kendaraan harus menuju kota Solo kalau menuju ke arah Sragen dan Karanganyar," kata Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno kepada Kompas.com, Sabtu (14/7/2018).

Berita selengkapnya: Lewat Tol Ini, Solo-Sragen Cukup Setengah Jam

5. Peresmian Tol Kartasura-Sragen oleh Presiden Jokowi 

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen, Minggu (15/7/2018).

Peresmian dilakukan secara langsung di depan Gerbang Tol Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

“Tol ini sebetulnya tadi malam sudah saya resmikan. Karena sudah lewat. Pukul 19.00 WIB lewat ke Sragen, balik lagi pukul 22.30. Tapi, ya ndak apa-apa saya ulang,” kata Presiden saat membuka sambutan.

Presiden mengatakan, dengan peresmian ini panjang ruas Jalan Tol Trans-Jawa yang beroperasi semakin panjang. Ia memastikan pemerintah akan menyelesaikan pembangunan Tol Trans-Jawa secara bertahap.

Berita selengkapnya: Presiden Resmikan Tol Kartasura-Sragen

https://properti.kompas.com/read/2018/07/16/100856421/berita-menarik-polemik-6-tol-dalam-kota-jakarta-dan-jalur-solo-sragen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke