Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Menarik: NJOP Jakarta Naik hingga Trik Desain Apartemen Mungil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar soal kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) menjadi berita yang paling banyak dilihat pembaca kanal properti Kompas.com, sepanjang Senin (9/7/2018).

Kenaikan rata-rata yang mencapai 19,54 persen itu dinilai akan turut mendorong tarif Pajak Bumi dan Bangunan yang harus dibayar masyarakat.

Kabar lainnya yakni soal desain apartemen berukuran 30 meter persegi di Budapest yang masih bisa terlihat luas meski cukup mungil.

Berikut kabar selengkapnya:

1. NJOP naik

Kenaikan NJOP turut mendorong kenaikan harga jual rumah maupun apartemen. Pasalnya, Pajak Bumi dan Bangunan yang harus dibayarkan masyarakat juga terkatrol akibat kenaikan ini.

CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda menilai, kenaikan NJOP terjadi pada saat yang kurang tepat. Pasalnya, daya beli masyarakat saat ini masih kurang baik.

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta dinilai juga harus memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan lahan yang bisa dimanfaatkan sebagai kawasan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

NJOP Naik, Cek Dulu Masing-masing Wilayah

2. Trik menata ranjang susun

Ranjang susun dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang memiliki kamar mungil.

Namun, dibutuhkan sedikit trik untuk meletakkan ranjang susun. Jika tidak, kamar pun akan semakin sempit dan kurang nyaman saat ada tamu yang akan menginap.

Kompas.com mencoba merangkum beberapa trik meletakkan atau memilih ranjang susun yang bisa Anda terapkan di rumah.

Simak berita selengkapnya di sini: Menata Ranjang Susun untuk Tempat Tidur Banyak Orang

3. Mau menambah kehangatan di ruang keluarga?

Ruang keluarga merupakan ruangan yang sentral di rumah. Tak hanya karena letaknya yang biasanya berada di tengah-tengah, tetapi juga karena fungsinya sebagai tempat berkumpul keluarga.

Di Indonesia, ruang keluarga juga identik dengan ruang televisi. Seakan menjadi sebuah kewajiban bila di ruangan ini harus ada TV.

Berbeda dengan di luar negeri, dimana orang-orang di sana memanfaatkan ruangan ini juga sebagai tempat untuk menghangatkan diri.

Berikut adalah beberapa gagasan dekorasi yang bisa Anda ikuti untuk menambah kehangatan ruang keluarga:

 Ingin Menambah Kehangatan? Tiru Dekorasi Ruang Keluarga Berikut...

4. Ilusi, bikin klinik di Jepang ini terlihat luas

Tak hanya rumah atau tempat kerja, klinik pun bisa disulap agar terilhat nyaman bagi pasien. Klinik gigi NK di Aichi, Jepang, bahkan menggunakan jasa firma arsitektur 1-1 Architects agar interior ruangan terasa nyaman baik bagi pasien maupun pekerjanya.

Interior klinik yang terletak di kota Aisai, Prefektur Aichi ini dibagi menjadi dua bagian, dan dipisahkan oleh sebuah lorong panjang.

Di kanan dan kiri lorong, terdapat beberapa ruangan, yang terkoneksi dengan lorong panjang. Langit-langit lorong ini dibangun dengan ketinggian berbeda dibanding ruang lainnya.

Ilusi Membuat Klinik di Jepang Ini Terlihat Lebih Luas

5. Begini trik bikin apartemen mungil terlihat luas

Mendekorasi apartemen mungil memang membutuhkan trik tersediri. Terlebih, bila Anda ingin membuat apartemen tersebut terlihat luas.

Seperti sebuah apartemen mungil di Budapest ini. Kelompok arsitek yang berbasis di Hungaria, Batlab, berhasil menyulap apartemen berukuran 30 meter persegi ini agar terlihat luas.

Kuncinya yaitu membuat ruangan terbuka namun tetap terpisah dengan cara merobohkan dinding-dinding pembatas dan membangun beberapa hal secara compact.

Apartemen Mungil Bisa Terlihat Luas, Ini Triknya

https://properti.kompas.com/read/2018/07/10/080701321/berita-menarik-njop-jakarta-naik-hingga-trik-desain-apartemen-mungil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke