Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laju Urbanisasi Indonesia Tertinggi di Asia

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo mengatakan, Indonesia merupakan negara di Asia dengan tingkat urbanisasi tertinggi.

"Pada 2035, jumlah masyarakat yang tinggal di kawasan urban mencapai 68 persen. Pertumbuhan ini menjadi peluang yang harus ditangkap," kata Sri dalam diskusi tentang smart city dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Ia mengaku, urbanisasi memang memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun bila tidak dikendalikan, urbanisasi justru akan menimbulkan kantung-kantung pemukiman kumuh di perkotaan.

"Kita tahu bahwa tmunculnya pemukiman kumuh merupakan dampak ketidakmampuan masyarakat untuk mengakses layanan infrastruktur dasar. Terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," tutur Hartoyo.

Infrastruktur dasar itu meliputi akses terhadap layanan penyediaan air minum, sanitasi, sistem pengelolaan air limbah dan persampahan hingga drainase pemukiman.

Namun di lain pihak, kekurangan ini seharusnya menjadi sebuah peluang bagi berbagai pihak untuk membantu pemerintah dalam merancang pembangunan kota yang berkelanjutan.

"TOD tengah menjadi perhatian pemerintah terutama dalam menyajikan hunian terjangkau bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah," kata dia.

Di dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah melalui Kementerian PUPR telah memiliki program Green City sebagai perwujudan kota layak huni.

Namun terealisasi atau tidaknya program tersebut, tentunya membutuhkan partisipasi dari banyak pihak. Salah satunya bantuan dari negara sahabat Indonesia seperti Korea Selatan (Korsel).

Negara ini telah memiliki pengalaman selama sepuluh tahun terakhir mengembangkan smart city. Salah satu proyek percontohan yang kini tengah dikembangkan yaitu Kota Sejong dan Busan.

"Pengalaman Korsel dapat menjadi salah satu rujukan. Keberhasilan mereka pun tidak datang dengan tiba-tiba," tutupnya.

https://properti.kompas.com/read/2018/07/04/210000321/laju-urbanisasi-indonesia-tertinggi-di-asia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke