Salin Artikel

Berita Menarik: Peresmian Tol hingga Rumah Megabintang Lionel Messi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar soal rencana peresmian Tol Solo-Ngawi menjadi berita terpopuler di kanal properti Kompas.com, Sepanjang Kamis (28/6/2018).

Selain itu, hunian bola ala bintang sepak bola Argentian, Lionel Messi, juga tak luput jadi perhatian masyarakat.

Berikut berita terpopuler selengkapnya:

1. Tol Solo-Ngawi Segera Diresmikan, Begini Penampakannya

Tol Kartasura-Sragen yang menjadi salah satu segmen dari Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi segera diresmikan dalam waktu dekat.

Jalan tol ini sebelumnya juga telah dibuka tanpa tarif pada saat musim Lebaran 2018.

Hal itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) untuk mengenalkan segmen tersebut kepada masyarakat.

Menurut Direktur Utama PT JSN David Wijayatno, segmen tol sepanjang 35,22 kilometer ini telah mengantongi surat keputusan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tentang teknis, administratif, dan sistem operasi.

"Karena itu, tol ini dapat dioperasikan dalam waktu dekat sesuai dengan keputusan menteri tanggal 8 Juni," kata David dalam keterangan tertulis, Kamis (28/6/2018).

2. Tol Pejagan-Pemalang dan Solo Sragen Diresmikan Juli 2018

Dua ruas tol yang kini telah selesai pekerjaan konstruksinya akan diresmikan pada Juli 2018. Kedua ruas tersebut yakni Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 43 kilometer dan Tol Solo-Sragen sepanjang 36 kilometer.

"Saat ini sudah 100 persen dan siap diresmikan Juli 2018," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (26/6/2018).

Kedua ruas tol tersebut merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa yang akan membantu masyarakat dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah.

Kehadiran Tol Trans-Jawa diyakini akan memberikan kontribusi 50 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional serta menurunkan biaya logistik.

Selain kedua ruas tersebut, Basuki mengatakan, ada tujuh ruas lainnya yang akan diresmikan secara bertahap sampai akhir tahun ini.

Berbicara tentang megabintang Argentina Lionel Messi, pria berusia 31 tahun ini diketahui memiliki kekayaan bersih yang ditaksir hingga mencapai 230 juta euro. Tak heran bila Messi menjadi salah satu pemain bola kelas dunia yang memiliki hunian cukup mewah.

Terletak di kawasan Castelldefels atau sekitar 22 mil dari Barcelona, biaya untuk merancang sekaligus membangun rumah tersebut diduga mencapai 7 juta euro.

Dilansir dari Sportskeeda, rumah yang dirancang arsitek Luis de Garrido itu menghadap ke Pegunungan Catalan dan dibangun di atas lahan yang menyerupai sebuah lapangan sepakbola.

Bukan orang Argentina namanya, bila soal urusan makan, minum, tidur, bahkan bernafas sekalipun, yang tidak disangkutpautkan dengan bola. Demikian halnya Messi.

Terinspirasi dari desain bola sepak, de Garrido merancang rumah ramah lingkungan "One Zero" sebagai bentuk penghormatan kepada Messi.

Pengembang properti di Indonesia terus melakukan ekspansi usahanya dengan melakukan terobosan baru demi pertumbuhan kinerja finansial masing-masing.

Hal itu membuat jenis usaha mereka makin bervariasi dan nilai asetnya pun meningkat setiap tahun.

Perubahan nilai aset itu bisa diketahui dari laporan keuangan yang dipublikasikan setiap kuartal dan tahun.

Setidaknya, ada lima pelaku bisnis properti yang asetnya di atas Rp 20 triliun hingga kuartal pertama tahun ini.

Mereka adalah PT Pakuwon Jati Tbk, PT Agung Podomoro Land Tbk, PT Ciputra Development Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, dan PT Lippo Karawaci Tbk.

Sembilan ruas jalan tol akan beroperasi secara bertahap hingga akhir tahun 2018. Saat ini, setidaknya sudah ada dua ruas yang sudah siap beroperasi dan tinggal diresmikan.

Sementara, tujuh ruas yang lain masih dalam tahap konstruksi.

Mengutip data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dua ruas yang sudah siap diresmikan yaitu Tol Pejagan-Pemalang dan Tol Solo-Sragen.

"Saat ini progresnya sudah 100 persen dan siap diresmikan bulan Juli 2018," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (26/6/2018).

Sementara tujuh ruas lain yang akan beroperasi bertahap yakni Tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer dan Tol Porong-Gempol sepanjang 6 kilometer.

Progres konstruksi masing-masing yakni 96 persen dan 76 persen, serta ditargetkan beroperasi pada September 2018.

Selanjutnya ada di artikel ini Catat Waktunya, Sembilan Ruas Tol Ini akan Beroperasi

https://properti.kompas.com/read/2018/06/29/110127621/berita-menarik-peresmian-tol-hingga-rumah-megabintang-lionel-messi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.